Sumber Daya Manusia Jambi dalam pantauan Skill Industri masa depan

Provinsi Jambi  gagal menyiapkan Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri di Jambi Saat ini lebih kurang 82 kampus ...



Provinsi Jambi gagal menyiapkan Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri di Jambi

Saat ini lebih kurang 82 kampus yang tersebar di Provinsi jambi terdiri dari Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi. kampus yang tersebar ini menjadi tumpuan besar Provinsi Jambi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. namun gebrakan kampus tersebut belum mampu menjawab permasalahan yang ada di Provinsi jambi. Bahkan lebih lanjut bisa dilihat dari data Sumber Daya Manusia Jambi yang masih rendah dibandingkan dengan daerah tetangga dan pengangguran meningkat setiap tahunnya.

Dikutip dari Gatra.com Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi  menyampaikan   Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penawaran tenaga kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja. TPT pada Februari 2018 sebesar 3,65 persen, turun menjadi 3,62 persen pada Februari 2019. Dilihat dari daerah tempat tinggalnya, TPT di perkotaan tercatat lebih tinggi dibanding di pedesaan.

Pada Februari 2019, TPT di perkotaan sebesar 3,85 persen, sedangkan TPT pada wilayah perdesaan sebesar 3,52 persen. Dibandingkan tahun lalu, TPT wilayah perkotaan mengalami penurunan (1,12 poin), sementara peningkatan terjadi pada perdesaan 0,49 poin. Dilihat dari tingkat pendidikan pada Februari 2019, TPT untuk pendidikan Diploma I/II/III paling tinggi di antara tingkat pendidikan lain yaitu sebesar 6,66 persen.

TPT tertinggi berikutnya terdapat pada jenjang Universitas sebesar 6,21 persen dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar 6,18 persen. Dengan kata lain, ada penawaran tenaga kerja yang tidak terserap terutama pada tingkat pendidikan Diploma (I/II/III) dan Universitas serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)," 

Kondisi ketenagakerjaan baik menyangkut tingkat pengangguran dan penduduk yang bekerja tidak terlepas dari kinerja sektor-sektor perekonomian yang ada. Jumlah penduduk yang bekerja pada tiap sektor menunjukkan kemampuan sektor tersebut dalam penyerapan tenaga kerja.

Data tersebut menjadi acuan bahwa pemerintah Provinsi Jambi belum bisa mengatasi masalah pendidikan, Sumber Daya Manusia Jambi belum mampu bersaing dengan yang lainnya. pembuktian lebih lanjut data BPS Provinsi jambi menyampaikan bahwa  Penyerapan tenaga kerja hingga Februari 2019 masih didominasi oleh penduduk bekerja berpendidikan SD ke bawah sebanyak 641,29 ribu orang (37,27 persen), Pendidikan SMP sebanyak 341,68 ribu orang (19,86 persen), SMU sebanyak 381,31 ribu orang (22,16 persen) dan SMK sebanyak 146,09 ribu orang (8,49 persen). Sementara itu penduduk bekerja berpendidikan tinggi (Diploma ke atas) ada sebanyak 210,28 ribu orang (12,22 persen) mencakup pendidikan Diploma sebanyak 55,72 ribu orang dan Universitas sebanyak 154,56 ribu orang.

Dengan tingginya pengangguran maka akan mempengaruhi maka jumlah penduduk miskin pun akan meningkat. lebih lanjut penelitian M. Alhudori  menyatakan bahwa jika jumlah pengangguran naik 1 persen maka jumlah penduduk miskin akan naik sebesar 0,010.

Dapat disimpulkan bahwa Jambi gagal menyiapkan Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri di Jambi. Dikutip dari penyampaian visi dan misi Calon Gubernur Provinsi Jambi kandidati HBA -EDI P sebagai incumbent " anak-anak Jambi ini pintar, maka saya sekolahkan keluar, namun setelah sekolah mereka lebih memilih untuk bekerja diluar daripada di Jambi". ungkap calon Gubernur HBA.

Dengan permasalahan tersebut, pengangguran terjadi karena skill Sumber Daya Manusia Jambi belum sesuai dengan keinginan industri. Skills saat ini menjadi penting apalagi di era revolusi industri 4.0 dan revolusi sosial 5.0. kedepan tidak ada lagi skills yang fokus kepada hal-hal yang bersifat teknis. namun lebih kepada kemampuan memecahkan masalah, kemampuan bernegosiasi, kemampuan beradaptasi, dan kemampuan berpikir visioner. 


Data diolah:
Yayasan Gentala Analisis dan Riset (GARIS)
Provinsi Jambi
email : garisjambi@mail.ru

Name

Grafis,2,Headline,494,jejak,6,Kolom,79,Terkini,471,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Sumber Daya Manusia Jambi dalam pantauan Skill Industri masa depan
Sumber Daya Manusia Jambi dalam pantauan Skill Industri masa depan
https://1.bp.blogspot.com/-Brs1skJ3pXs/XWDP7C7Ly5I/AAAAAAAAAEg/hEhcdU2j2UAmKB0Jukt0ObVInF-DYkUQACLcBGAs/s640/p1dj12l5ne1btg4qld3q1qo61vme4.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Brs1skJ3pXs/XWDP7C7Ly5I/AAAAAAAAAEg/hEhcdU2j2UAmKB0Jukt0ObVInF-DYkUQACLcBGAs/s72-c/p1dj12l5ne1btg4qld3q1qo61vme4.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/08/sumber-daya-manusia-jambi-dalam.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/08/sumber-daya-manusia-jambi-dalam.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy