Keterampilan Menyembuhkan Diri Dalam Menghadapi Masalah

Setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya, besar atau kecilnya masalah tersebut tergantung perspektif kita memandangnya. Jika mas...

Setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya, besar atau kecilnya masalah tersebut tergantung perspektif kita memandangnya. Jika masalah besar kita perkecil maka akan terasa ringan, jika masalah kecil diperbesar tentu akan terasa berat. Masalah Depresi itu biasanya muncul karena adanya rasa ketidakmampuan, hilangnya motivasi, hingga hilangnya minat terhadap kegiatan apapun, termasuk minat untuk melakukan kegiatan self care (Perawatan Diri)
Padang- Padang dihebohkan dengan kabar mahasiswa Unand asal kerinci gantung diri dikos-kosannya. Beredar beberapa informasi yang dikumpulkan bahwa penyebab gantung diri tersebut karena masalah biaya kuliah, korban juga pernah bercerita kepada salah satu temannya takut jika tidak mampu menamatkan kuliah dalam waktu 4 tahun. Secara pasti belum diketahui penyebab meninggalnya gadis berusia 19 tahun tersebut, pihak keluarga juga menolak untuk mengotopsi jasad korban.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada mahasiswa Unand lainnya, petugas menemukan jasad korban tergantung di Mushola, korban sempat konsultasi ke psikolog karena depresi.

Ayu Mandari, M.Psi, Psikolog muda asal Provinsi Jambi yang kini berkarir di DKI Jakarta saat dihubungi Tim Gentala.id menjelaskan, dua fenomena depresi tersebut bahwa.

Setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya, besar atau kecilnya masalah tersebut tergantung perspektif kita memandangnya. Jika masalah besar kita perkecil maka akan terasa ringan, jika masalah kecil diperbesar tentu akan terasa berat. Masalah Depresi itu biasanya muncul karena adanya rasa ketidakmampuan, hilangnya motivasi, hingga hilangnya minat terhadap kegiatan apapun, termasuk minat untuk melakukan kegiatan self care (Perawatan Diri).

Untuk orang yang memiliki riwayat Depresi, itu akan menjadi sangat rentan untuk kambuh kembali, sehingga membutuhkan lingkungan yang sehat dan dukungan sosial yang memadai. Kondisi stress akibat tekanan dari lingkungan itu sangat berpotensi membuat seseorang mengalami Depresi, sehingga kita harus memiliki management stress yang baik (self healing).

Coping stress strategy merupakan strategi atau cara agar kita dapat beradaptasi dengan lingkungan dan dapat adaptif meskipun sumber stress ada dimana-mana. 

Ada 3 Coping Stress Strategy :
1. Emotional focused coping
2. Problem focused coping
3. Religion focused coping

Emotional focused coping. Cara ini adalah menghadapi stress dengan cara mengelola emosi dengan baik. Misalnya, menghilangkan stress dengan cara melakukan hobi, me time, atau hal-hal yang menyenangkan. 

Problem focused coping. Cara ini dilakukan dengan berfokus pada penyelesaian masalah "Problem Solving". Menyelesaikan permasalahan yang menimbulkan stress. Misalnya, stress pekerjaan yang menumpuk, yang harus dilakukan adalah menyelesaikannya. Terkadang stress sering terjadi akibat tekanan lingkungan bukan pekerjaan atau tugas-tugas. Maka hal terpenting adalah mempelajari permasalahan terlebih dahulu, setelah masalah dipahami barulah mencari solusi, atau cara penyelesaiannya. 

Religion focused coping. Cara ini melakukan coping stress dengan pendekatan religion atau spiritual. Hal Ini sering digunakan bersamaan dengan strategy coping lainnya. 

Untuk setiap orang mungkin akan memiliki caranya masing-masing untuk melakukannya sesuai karakteristik dan permasalahan yang dihadapi. Ketiga strategi tersebut dapat dilakukan agar adaptif menjalankan kehidupan. 

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Coping Skills: 

- Menerima diri apa adanya, semua kelebihan dan keterbatasannya. 

- Menjalin hubungan baik dengan orang-orang disekitar, terutama keluarga. Memiliki dukungan sosial adalah hal yang sangat penting dalam menghadapi stress. 

- Berpikir positif, dengan adanya pikiran-pikiran positif tubuh dan perilaku kita pun akan menjadi positif. Pertahankan meskipun tidak mudah. 

- Menerima lingkungan (orang lain) apa adanya. Masalah muncul kadang dipicu oleh ekspektasi terhadap lingkungan/orang lain tidak sesuai dengan yang semestinya, tanpa mempertimbangkan kemungkinan, kelebihan, ketidakmungkinan, dan keterbatasan yang ada.

- Meningkatkan spiritualitas, dengan adanya keyakinan didalam diri bahwa Ada yang berkuasa di atas segala yang ada atau yang terlihat, membuat Kita menyadari bahwa semua kemungkinan baik dapat saja terjadi, dan menyaadari bahwa ada sesuatu hal yang bisa kita kendalikan dan ada sesuatu hal yang berada diluar batas kemampuan kita atau tidak dapat kita kontrol. (DS)
Name

Grafis,2,Headline,518,jejak,6,Kolom,80,Terkini,495,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Keterampilan Menyembuhkan Diri Dalam Menghadapi Masalah
Keterampilan Menyembuhkan Diri Dalam Menghadapi Masalah
https://1.bp.blogspot.com/-Y8G16Aatlgk/XXZP7HEIxYI/AAAAAAAAAOE/8FYS7AKZ4tsxgV6g4PjPvfxp7Emu-mm1QCEwYBhgL/s400/padang.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Y8G16Aatlgk/XXZP7HEIxYI/AAAAAAAAAOE/8FYS7AKZ4tsxgV6g4PjPvfxp7Emu-mm1QCEwYBhgL/s72-c/padang.jpeg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/09/keterampilan-menyembuhkan-diri-dalam.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/09/keterampilan-menyembuhkan-diri-dalam.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy