NEGERI TAK BERTUAN: AJB-BAKRIE DUET YANG MENGANCAM

Oleh: Dori Efendi Sejauh ini fokus perhatian masyarakat amat beragam dalam menilai situasi politik di Jambi. Saya inggin mengulas kepatu...

Oleh: Dori Efendi
Sejauh ini fokus perhatian masyarakat amat beragam dalam menilai situasi politik di Jambi. Saya inggin mengulas kepatutan kandidat mana yang layak untuk bergandengan mewakili representasi suara rakyat Jambi. 

Dalam literatur ilmu politik ada satu bagian Bab yang berbicara khusus tentang Etnis dan Politik Indentitas. Ben Anderson (1983) dalam bukunya "Imagine communities: Reflections on the origin and spread of nationalism" mengemukakan komunitas terbayang adalah komunitas yang dikonstruksi secara sosial, dibayangkan oleh orang-orang yang memandang dirinya sebagai bagian dari kelompok tersebut. 

Sebelum Yan Cohen (1974) telah memberi pandagan yang hampir sama yaitu identitas adalah simbol kebudayaan dan kekerabatan para pelaku politik. Lanjutnya lagi, etnisitas merupakan hasil dari strategi politik yang membawa kepada penguasaan jabatan, sumber daya alam dan lainnya. 

Adakah kaitanya dengan duet AJB-Bakrie? 

Dari sekian banyak calon yang bermunculan. AJB-Bakrie adalah gandengan yang patut diperhitungkan, jika mereka menyatu merebut Jambi 1. 

1. AJB-Bakrie merupakan perwakilan Jambi Barat dan Jambi Timur. 

2. AJB adalah kader partai Demokrat yang memiliki 7 kursi di parlemen. Bakrie pun demikian. Beliau adalah ketua PAN yang memiliki 7 kursi di parlemen.

3. Suara etnik Kerinci dan etnik Bugis akan menyatu jika AJB-Bakrie bergandengan. 

Tiga indikator di atas menunjukkan kekuatan kedaerahan, partai dan etnik yang kuat seperti yang dijelaskan oleh Ben Anderson dan Cohen. Namun, selain dari itu ada satu identitas politik yang juga melekat kepada kedua calon ini yaitu identitas keorganisasian. 

AJB merupakan Kader Nahdlatul Ulama. Ini dapat dilihat atas prestasinya menjadi Rektor IAIN JAMBI 2 Periode dan IAIN Kerinci. Kedua, Mertua beliau Kyai H. Wali Ahmad, tokoh NU terkemuka di Provinsi Jambi. Menariknya lagi, 
Istri dari AJB adalah Mantan Bendahara Umum Cabang PMII Jambi. 

Pun demikian halnya dengan Bakrie yang merupakan lulusan Stie Muhammadiyah pertama di Jambi. Dan menjabat sebagai Bendahara Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PWM 2000-2005-2005-2010 dan menjadi penasehat Bendahara Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PWM 2010-2015. 

Dalam perspektif identitas politik kedua tokoh ini sudah mewakili etnisitas kedaerahan dan juga keorganisasian. Inti dari ini semua adalah penegasan bahwa pada dasarnya politik identitas sudah terwakili di diri mereka. 

Seperti bait lagu dari Negeri Jambi
"Dari ujung Jabung sampai ke durian takok rajo" dari sialang belantak besi
hinggo bukit tambo nan tulang"
"Itu lah negeri Jambi"

Dori Efendi, P.hD (Direktur Gentala Analisis dan Riset)

Name

Grafis,2,Headline,228,jejak,6,Kolom,38,Terkini,207,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: NEGERI TAK BERTUAN: AJB-BAKRIE DUET YANG MENGANCAM
NEGERI TAK BERTUAN: AJB-BAKRIE DUET YANG MENGANCAM
https://1.bp.blogspot.com/-6baoPl6QvLU/Xc52ifzKbUI/AAAAAAAAA1w/F3vwpsYqHvYWj-vSpA9XjQzVXWmi5Lh2gCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20191115-WA0005.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6baoPl6QvLU/Xc52ifzKbUI/AAAAAAAAA1w/F3vwpsYqHvYWj-vSpA9XjQzVXWmi5Lh2gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191115-WA0005.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/11/ajb-bakrie-duet-yang-mengancam.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/11/ajb-bakrie-duet-yang-mengancam.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy