NEGERI TAK BERTUAN : ANAK MUDA SEBAGAI PETA BARU PILGUB JAMBI

Dori Efendi Oleh : Dori Efendi Di hari jum'at barokah ini saya tertarik untuk melihat peta perpolitikan pilgub Jambi paska dite...

Dori Efendi
Oleh : Dori Efendi
Di hari jum'at barokah ini saya tertarik untuk melihat peta perpolitikan pilgub Jambi paska ditetapkannya ketentuan calon legislatif harus mundur jika mencalonkan diri sebagai eksekutif. 

Keputusan ini membuat para kandidat bacagub dari legislatif mengurungkan niatnya untuk maju. Akan tetapi sikap berbeda ditunjukkan oleh Wakil Ketua Dewan Provinsi Jambi, Rocky Candra yang siap mengundurkan diri untuk ikut dalam kontestasi pilgub. Keberanian ini menjadi early warning "peringatan awal" bagi calon lain. Kenapa? 

Pertama, Rocky Candra adalah representasi dari generasi millenial. Usia muda dengan prestasi yang luar biasa ini menjadi role of model "percontohan" bagi generasinya. Hal ini dapat dinilai ketika dia mencalonkan diri menjadi legislatif dengan meraih suara tertinggi di dapil Kota Jambi.

Kedua, dukungan partai. Sebagai kader Partai Gerindra tentu partainya akan memberi dukungan penuh untuk mengusung kader murni mereka dalam kontestasi ini. Apatah lagi, Partai Gerindra memiliki 7 kursi di parlemen. 

Berpotensikah menjadi wakil Fahrori Umar? 
____________________________________

Tentu amat berpotensi jika dilihat dari dua alasan di atas karena Rocky Candra memenuhi kriteria yang dimaukan oleh FU. Pun begitu dengan populeritas Rocky Candra tentu tidak kalah dengan Fasha dan Al-haris yang sama-sama mewakili millenial. 

Terlepas dari dua alasan di atas ada satu hal menarik dalam perilaku pemilih masyarakat Jambi yaitu perilaku pemilih yang heterogen. Dalam konsep perilaku pemilih terdapat lima pendekatan untuk menganalisis partisipasi masyarakat yang heterogen tersebut yaitu sosiologis, tradisonal, moderen, apatis dan kritis. 

Dilihat dari komposisi kepemimpinan di Jambi. Kepala daerah dan wakil kepala daerah di isi oleh berbagai latar belakang etnik. Atas dasar ini dapat di fahami bahwa kemunculan Rocky Candra tersebut merepresentasikan perilaku pemilih yang moderen dan kritis. Ini karena perilaku pemilih bukan berdasarkan kesukuan, masyarakat memilih sesuai dengan kapasitas dan ketokohan seorang calon. 

Akan kah kehadiran kandidat muda ini menjadi warna baru dan merubah peta pilgub?

Dori Efendi, P.hD (Direktur Gentala Analisis dan Riset)

Name

Grafis,2,Headline,507,jejak,6,Kolom,80,Terkini,484,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: NEGERI TAK BERTUAN : ANAK MUDA SEBAGAI PETA BARU PILGUB JAMBI
NEGERI TAK BERTUAN : ANAK MUDA SEBAGAI PETA BARU PILGUB JAMBI
https://1.bp.blogspot.com/-3x6yq-keYSg/XeDJ-frfWmI/AAAAAAAAA80/Qxv2mT1IRZYC2tBIvErPtcccTaI6FBwGQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20191129_143108.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3x6yq-keYSg/XeDJ-frfWmI/AAAAAAAAA80/Qxv2mT1IRZYC2tBIvErPtcccTaI6FBwGQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20191129_143108.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/11/anak-muda-sebagai-peta-baru-pilgub-jambi.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/11/anak-muda-sebagai-peta-baru-pilgub-jambi.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy