NEGERI TAK BERTUAN: PERTAHANA PERAHU SIAPA?

Oleh : Dori Efendi Ketika Golkar kebanjiran kader sebagai bakal calon gubernur. Beberapa partai politik malah sebaliknya. Minimnya kader...

Oleh : Dori Efendi
Ketika Golkar kebanjiran kader sebagai bakal calon gubernur. Beberapa partai politik malah sebaliknya. Minimnya kader-kader dari partai lain seperti Gerindra, PDI-P, Demokrat, PAN dan partai lainnya. Membuat saya bertanya-tanya perahu mana yang mau membentangkan layarnya untuk pertahana. 

Sejauh ini, pertahana dinilai tidak memiliki populeritas dan elektabilitas yang tinggi dalam  kontestasi ini. Beberapa lembaga survei menilai mantan gubernur lebih diinginkan oleh masyarakat. 

Kenapa begitu? Secara analisis politik kontemporari, pertahana memiliki beberapa kelemahan yang mendasar. Misalnya, partai tempat pertahana menaung tidak memiliki kursi yang signifikan untuk mengusung beliau. 

Kedua, figur pertahana selama mengambil alih kursi gubernur tidak memiliki kebijakan politik yang menyentuh sendi masyarakat. Apa lagi kegagalan beliau mempertahankan pembangunan Flyover di Simpang Mayang menjadi lapor merah oleh masyarakat. 

Ketiga, sosok atau ketokohan dari pertahana tidak mampu meyakinkan konstituen atau pemilih di 11 kabupaten/kota. 

PARTAI MANA JADI PERAHU? 
____________

Politik transaksional yang terjadi ditingkat elit selalu memberi ruang atau peluang untuk bekerjasama meraih kekuasaan. Ini dapat kita lihat dari konsesus politik yang dipertontonkan oleh elit politik nasional seperti konsensus Jokowi-Prabowo. 

Atas dasar ini lah, dapat dinilai bahwa "the power of  incumbent" dapat menarik partai lain untuk berkoalisi mengusungnya. Setidaknya saya coba menakar partai mana yang berpeluang mengusung pertahana. 

1. Gerindra, partai komando ini tidak memunculkan kadernya untuk berkontestasi sebagai calon gubernur. Sedangkan partai ini memiliki posisi tawar yang mumpuni dengan 7 kursi di parlemen. 

2. PDI-P juga tidak getol memajukan kadernya untuk BH-1.

3. Hanura sebagai pemiliki 2 kursi juga dinilai memiliki kedekatan dengan pertahana. 

4. Nasdem partai penaung pertahana. 

Tiga dari empat partai ini amat berpeluang memajukan pertahana. Lalu siapa gandengan wakilnya? 

Gerindra, memiliki Ramli Thaha dan Sutan Adil. Selain itu, ada kader Golkar yang diniali memiliki kedekatan dengan partai ini yaitu Fasya-Maulana. PDI-P, memiliki Edi dan Sani. Tetapi ada juga tokoh lain yang dilirik PDI-P yaitu Pak Muklis. 

Sedikit berpantun seperti kebiasaan pertahana

"Buah Duku
Buah Kedondong
Jagan Gitu
Dong"

Dori Efendi, P.hD (Direktur Gentala Analisis dan Riset)

Name

Grafis,2,Headline,491,jejak,6,Kolom,77,Terkini,468,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: NEGERI TAK BERTUAN: PERTAHANA PERAHU SIAPA?
NEGERI TAK BERTUAN: PERTAHANA PERAHU SIAPA?
https://1.bp.blogspot.com/-_KKPLCjjaNQ/XdcEZcpVSRI/AAAAAAAAA4k/0qaM4YWrq68H027jYzuBmAXR2_LxxITWACLcBGAsYHQ/s320/doriii.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_KKPLCjjaNQ/XdcEZcpVSRI/AAAAAAAAA4k/0qaM4YWrq68H027jYzuBmAXR2_LxxITWACLcBGAsYHQ/s72-c/doriii.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/11/pertahana-perahu-siapa.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/11/pertahana-perahu-siapa.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy