Intropeksi, Berkomitmen dan Berjamaah Dalam Mencerahkan Indonesia

Oleh : Nanda Pratama Di moment akhir tahun yang hitungan menit sebentar lagi menghampiri marilah kita tutup tahun lama dan memasuki tah...

Oleh : Nanda Pratama
Di moment akhir tahun yang hitungan menit sebentar lagi menghampiri marilah kita tutup tahun lama dan memasuki tahun baru.
dalam perjalanan kehidupan terkadang manusia karena merasa sukses lupa diri, lalu berbuat sekehendaknya. Sebaliknya karena ketidakberhasilan atas sesuatu merasa jatuh diri. Keduanya sering lupa bersyukur atas nikmat Allah yang telah memberi anugerah dalam hidup ini seperti sehat, usia, lebih-lebih nikmat iman.

berbicara tentang besok atau awal tahun, siapa yang bisa memastikan hari esok? baik dari kalangan intelektual hingga paranormal tidak ada yang bisa memberikan jawaban pasti untuk hari esok maupun masa depan kita hingga negara apakah kita pasti jaya atau sebaliknya terpuruk.

Kata TS Iliot, masa depan ada di hari ini dan masa lalu. Betapa sering  rabun batas masa depan itu. Meski tiga fase waktu itu berada dalam satu kesatuan matarantai yang sama, sering manusia lalai dan terkecoh dibuatnya.

Tidak guna lagi melakukan penyesalan yang mendalam dan berlebihan di hari ini, karena hari ini merupakan hasil-hasil dari pilihan kita di masa lalu . Tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi baik dan terbaik di masa depan, karena masa depan tergantung dengan pilihan kita mulai hari ini.

Hari ini hari yang sedang kita jalanai hari dengan penuh pilihan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi kita selalu di beri hak untuk memilih dari yang baik hingga yang buruk, maka setiap aktivitas kita mulailah dengan melakukan hal-hal yang baik maka  terbaik pula yang menunggu di masa depan. itu lah ikhtiar kita sebagai manusia selalu melakukan hal yang baik di manapun kita berada baik di lingkungan yang kita anggap gagal maupun di lingkungan serba ada.

Perjalan hidup meski tak selalu di taburi bunga, bahkan tidak sering perjalanan hidup di hujani oleh luka, itu lah perjalanan yang membuktikan bahwa masa yang akan datang penuh dengan rahasia, hal terpenting dari ruang waktu yang selalu hadir bersama kita itu ialah kita mau berbuat apa hari ini dan di hari esok.

Setelah melewati hari-hari berlalu yang sarat dinamika, menyeleselaikan dinamika yang satu akan di tunggu oleh dinamika selanjutnya, selesai persoalan yang besar maka kita akan di tunggu oleh persoalan kecil yang baru. selau bertabur dinamika antara sukses dan gagal, baik dan buruk, berbuat benar atau salah, suka dan duka.
       
Di akhir tahun ini sempatkan sedikit waktu untuk mengintrospeksi perjalan kebelakang yang telah terlalui serta menyusun dan berkomitmen untuk masa depan baik diri maupun bangsa. Besar harapan agar kita mampu melahirkan insan yang berjiwa cinta tanah air hingga lahir dan batin untuk berbuat dalam kesadaran ruang-waktu yang membumi. Termasuk dalam berbuat yang terbaik dalam membawa Indonesia menjadi negeri yang terus mencerahkan dalam segala lintasan zaman.  

Apa yang harus diperbuat untuk hari esok Indonesia? Mulai dari Kewajiban  para elite dan warga bangsa ialah berbuat yang benar, terbaik, dan utama bagi masa depan Indonesia milik bersama secara bertanggungjawab.

Haedar Nashir dalam Republika mengatakan para pejabat negara dari Presiden sampai ke tingkat bawah maupun mereka yang berada di legislatif dan yudikatif serta institusi lainnya melakukan kebijakan yang mencerdaskan, menyejahterakan, dan memajukan bangsa dan negara secara bertanggungjawab berbasis jiwa kenegarawanan maka selamatlah Indonesia ke depan.

Sebaliknya, manakala semaunya dalam membawa Indonesia atas selera masing-masing karena merasa berkuasa maka Indonesia akan menjadi pertaruhan berat. Apalagi jika banyak paradoks dibiarkan bertumbuh.

banyak persolan sesungguhnya dapat dipecahkan bersama dan bergotong royong meski jalannya panjang jika para elite di seluruh struktur mau berintrospeksi diri disertai sikap berani jujur untuk memperbaiki visi dan langkah secara benar sesuai amanat konstitusi. Seraya berani melakukan langkah rekonstruksi kehidupan kebangsaan secara bermakna atas pondasi Pancasila yang dijewantahkan secara benar dan membumi. Sambil buang kenagkuhan kuasa merasa paling digdaya karena memperoleh mandat rakyat agar tidak butatuli terhadap realitas yang timpang dan paradoks. Insya Allah tidak ada kata terlambat demi jalan lurus Indonesia ke depan.

dalam rangka menguatkan visi dan persepsi kita memang tidak bisa jauh jauh dari prinsip kejamaahan dalam mengurangi sifat sifat egoisme dalam mencapai sebuah tujuan, serta mengurangi rasa untuk selalu membenarkan diri sendiri karna ini salah satu musuh dari kemajuan. mulai hari ini marilah kita sama-sama untuk tidak lagi untuk membenarkan kebiasaan karna tugas kita adalah membiasakan kebenaran.

Penutup tulisan ini mari sama sama kita berintropeksi dan berkomitmen untuk memajukan bangsa kita serta meninggalkan prilaku kebinatangan yang seakan akan telah mengambil posisi tuhan. segala kebijakan bisa di atur tanpa memperdulikan masyarakat banyak, itu lah paradoks nya cara kita menjalani hidup.

tidak ada kata terlambat untuk berubah serta berkomitmen untuk menjadi lebih baik ,Jangan sesali masa lalu, jangan mengkhawatirkan masa depan karena selalu ada harapan dan kemungkinan terbaik untuk awal yang baru. Karena tidak ada kata terlambat untuk memulai berbuat yang terbaik.

Ditulis oleh Nanda Pratama ( sekretaris umum DPD IMM Jambi )
Name

Grafis,2,Headline,507,jejak,6,Kolom,80,Terkini,484,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Intropeksi, Berkomitmen dan Berjamaah Dalam Mencerahkan Indonesia
Intropeksi, Berkomitmen dan Berjamaah Dalam Mencerahkan Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-jlBSivi-6nw/XgtA23PDtRI/AAAAAAAABJs/8QS5ytxLDXwu2Skdy9RyiaF1Nnqg1zWFACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20191231-WA0029.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jlBSivi-6nw/XgtA23PDtRI/AAAAAAAABJs/8QS5ytxLDXwu2Skdy9RyiaF1Nnqg1zWFACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191231-WA0029.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/12/intropeksi-berkomitmen-dan-berjamaah.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/12/intropeksi-berkomitmen-dan-berjamaah.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy