MILLENIAL TAK BERUBAN

Oleh : Dori Efendi Kali ini saya mengawali tulisan dengan pertanyaan. Apakah yang dimaksud dengan millenial itu? Menurut Strauss &...

Oleh : Dori Efendi
Kali ini saya mengawali tulisan dengan pertanyaan. Apakah yang dimaksud dengan millenial itu? Menurut Strauss & Neil (2000) dalam bukunya Millenials Rising: The Next Great Generation, mendefenisikan millenial adalah generasi yang lahir antara tahun 1982–2004 atau disebut sebagai generasi Y. 

Defenisi Strauss & Neil diperkuat oleh Carlson (2008) di dalam bukunya The Lucky Few: Between the Greatest Generation and the Baby Boom, menyatakan generasi ini lahir karena lonjakan kelahiran bayi pada tahun 80-an atau dikenal dengan sebutan Baby Boom. 

Dari dua defenisi di atas lahir pula pertanyaan seperti apa kah millenial di Indonesia? Saya coba mendefinisikan ini dengan bahasa sederhana bahwa millenial itu adalah anak muda yang memiliki semangat, energik, berdaya saing dan tak beruban.  

BERUBANKAH MILLENIAL ITU? 

Bukan satu ukuran jika warna rambut menjadi penanda dari defenisi millenial karena uban tersebut tidak terjadi kepada generasi X (1960-1970) saja. Akan tetapi terjadi juga sebagian kecilnya kepada generasi Y. Hal ini terjadi, atas sebab genetika, kerusakan rambut dan ketidak cocokan sampo atau minyak rambut. 

Meskipun demikian pantaskah generasi X menyatakan dirinya millenial? Boleh saja, seperti kata pepatah "menjadi tua membuat mu lelah" apakah lagi tidak ada yang mau merasa dirinya tua karena tua itu sudah pasti dan membuat mu lelah. 

Lalu siapakah yang pantas menyandang millenial itu? Dari defenisi di atas tentu tidak perlu lagi menjelaskan generasi Y adalah generasi millenial. Generasi ini sedang masa produktifnya pada saat ini. Mereka adalah orang-orang yang energik, berdaya saing, tidak mudah menyerah dan kreatif. 

Pun begitu dalam kontestasi politik banyak kandidat yang mematutkan dirinya sebagai millenial. Menciptakan opini bahwa generasi X juga bagian dari millenial. Meskipun realitanya millenial itu tidak beruban. 

Sudah lah, mari kita menyemir rambut biar hitam kinclong.

Dori Efendi, P.hD (Direktur Gentala Analisis dan Riset)

Name

Grafis,2,Headline,494,jejak,6,Kolom,79,Terkini,471,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: MILLENIAL TAK BERUBAN
MILLENIAL TAK BERUBAN
https://1.bp.blogspot.com/-NyN2KR1ylQ0/Xeqm_m3lJzI/AAAAAAAAA_M/nM_3ZaMHfNUWQjaLzwVP4EyzDE-NWtx9gCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20191129_143108.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NyN2KR1ylQ0/Xeqm_m3lJzI/AAAAAAAAA_M/nM_3ZaMHfNUWQjaLzwVP4EyzDE-NWtx9gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20191129_143108.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/12/millenial-tak-beruban.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/12/millenial-tak-beruban.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy