NEGERI TAK BERTUAN: SALAH KAH KAMPANYE ISU KEDAERAHAN DALAM POLITIK?

Oleh : Dori Efendi Ruang publik tertanya-tanya salahkah yang bukan putra daerah berkontestasi dalam pilgub Jambi 2020? Tentu bukan ha...

Oleh : Dori Efendi
Ruang publik tertanya-tanya salahkah yang bukan putra daerah berkontestasi dalam pilgub Jambi 2020? Tentu bukan hal yang salah dalam sistem politik yang demokratis. 

Pertanyaan lain yang muncul adalah haruskah putra daerah yang memimpin negerinya sendiri? Tentu pemimpin itu harus lahir dari rahim ibunya bukan ibu angkat, ibu sambung atau ibu tiri. 

Terlepas dari pertanyaan di atas. Kembali kita merujuk pada kontestasi politik pilpres kemaren. Berbagai isu dimunculkan oleh kedua belah pihak. Misalnya, puisi Neno Warisman yang mengatakan "menangkan kami, jika tidak kami khawati tidak ada lagi yang menyembah mu." Bait ini menegaskan politik identitas menjadi kewajaran dalam kontestasi politik.

Selain itu, kedua belah pihak juga saling menghujat seperti lahirnya sebutan Cebong-Kampret. Padahal penyebutan ini adalah kata-kata tidak wajar. Akan tetapi politik menjadikan apa pun objeknya sebagai komoditas.

Orang Jambi, Wargo Jambi, Masyarakat Jambi
___________________________________

Bahasa ini dikeluarkan oleh Lembaga Adat Melayu Jambi. Menurut LAM Orang Jambi adalah penduduk asli Jambi. Wargo Jambi adalah orang yang lahir di Jambi. Sedangkan Masyarakat Jambi adalah orang-orang yang berdomisili di Jambi. 

Merujuk dari defenisi di atas ianya telah memberi batas terhadap defenisi penduduk Jambi. Atas dasar ini bukan hal baru jika dalam kontestasi politik ada yang menyebutkan "Sayo Orang Jambi" seperti katan Ben Anderson (1983) imagine community (komunitas berbayang) lahir dari politik identitas oleh para politisi itu sendiri dan dibayangkan oleh orang-orang yang memandang dirinya bagian dari kelompok tersebut. 

Setidaknya dari penjelasan di atas tidak ada yang salah dari argumentasi "Sayo Orang Jambi" dalam kontestasi politik. Sebab politik itu sendiri adalah persepsi yang bertujuan menciptakan opini keberpihakan.

Salam hangat dari segelas kopi manis untuk "orang Jambi."

Dori Efendi, P.hD (Direktur Gentala Analisis dan Riset)
Name

Grafis,2,Headline,518,jejak,6,Kolom,80,Terkini,495,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: NEGERI TAK BERTUAN: SALAH KAH KAMPANYE ISU KEDAERAHAN DALAM POLITIK?
NEGERI TAK BERTUAN: SALAH KAH KAMPANYE ISU KEDAERAHAN DALAM POLITIK?
https://1.bp.blogspot.com/-G7Y4l1vYLbY/XfSnb_jX7QI/AAAAAAAABCI/pF0Ke_FoQ8A5MBZNvwGa4Zq0XWyNsOxhACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20191214-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-G7Y4l1vYLbY/XfSnb_jX7QI/AAAAAAAABCI/pF0Ke_FoQ8A5MBZNvwGa4Zq0XWyNsOxhACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191214-WA0002.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2019/12/negeri-tak-bertuan-salah-kah-kampanye.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2019/12/negeri-tak-bertuan-salah-kah-kampanye.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy