KAMPUS MERDEKA, SEMESTINYA MOTIVASI INOVASI PERGURUAN TINGGI

KAMPUS MERDEKA, SEMESTINYA MOTIVASI INOVASI PERGURUAN TINGGI Oleh: Apridhon Rusadi Mewujudkan Kampus Merdeka sejatinya adalah sebuah ...

KAMPUS MERDEKA, SEMESTINYA MOTIVASI INOVASI PERGURUAN TINGGI

Oleh: Apridhon Rusadi
Mewujudkan Kampus Merdeka sejatinya adalah sebuah kebijakan yang meberikan ruang bagi Perguruan tinggi untuk secara leluasa menjalankan konsep pembelajaran yang merdeka. Karena Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi akan tetap terakreditasi selama lima tahun dan akan diperbaharuai secara otomatis. Akan tetapi evaluasi akan dilakukan terus menerus oleh BAN-PT sehingga jika ditemukan penurunan kualitas perguruan tinggi dengan menurunnya jumlah mahasiswa yang mendaftar ke prodi tersebut.

Tujuan kampus Merdeka ini memang diharapkan untuk mepercepat inovasi di perguruan tinggi, karena pendidikan diharapkan bisa mendukung kebutuhan inovasi Industri, dan kebutuhan pengembangan sumber daya manusia.

Memang tidak bisa disangkal kebutuhan era Industri 4.0 telah lama mengubah paradigma dalam segala bidang. Paradigma pendidikan yang selama ini, hanya berkutat pada kegiatan belajar diruang kelas pada saat ini proses pembelajaran di tuntut untuk terus melakukan inovasi wacana pembelajaran dan memperkuat kemapuan Artificial Intellegence, Sehingga dampak dari perubahan tersebut, Nilai dari kemampuan belajar tidak lagi menjadi  konsen utama akan tetapi skill, kompetensi, karakter dan kepribadian akan juga menjadi focus sasarannya. Sehingga metode pembelajaran di perguruan tinggi diharapkan lebih kretatif dan inovaf serta mampu melakukan kolaboratif terhadap media-media pendukung lainnya.

Sehingga sepakat dengan pendapat Richard W. Rilley (U.S.Secretary Of Education) terkait perlunya inovasi dan kolaborasi pendidikan saat ini “Hari ini kita menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja yang belum tercipta, dengan menggunakan teknologi yang belum ditemukan, untuk menyelesaikan permasalahan yang belum diketahui”.

Sehingga Perguruan tinggi, semestinya menjadikan kebijakan Kampus Merdeka sebagai sebuah kelanjutan dari Kebijakan Merdeka Belajar menjadi motivasi untuk menawarkan Program-program pembelajaran yang inovatif. Perguruan Tinggi juga semestinya mempersiapkan dosen-dosen yang bukan hanya memiliki kemampuan teoritif akan tetapi juga mampu melakukan inovasi-inovasi kolabarosi media pembelajaran.

Kreatifitas perguruan tinggi di uji dalam metodologi pengajarannya, karena pasca di terbitkannya kebijakan kampus Merdeka, Perguruan tinggi wajib memberikan hak bagi bagi mahasiswa untuk secara sukarela untuk mengambil atau tidak mengambil SKS sebanyak 2 semester di luar kampusnya setara dengan 40 SKS. Ditambah, mahasiswa juga dapat mengambil SKS di prodi lainnya di dalam kampusnya sebanyak satu semester dari total semester yang harus di tempuh. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk prodi kesehatan, terkait linearitas keahlian. Sehingga pertukaran belajar dan prakterk kerja adalah pengalaman kolaborasi pembelajaran yang didapatkan mahasiswa di perguruaan tinggi dan menjadi bagian dari SKS perencanaan pembelajaran sehingga tidak alasan study diluar kelas menjadi alasan menunda kelulusan mahasiswa.

Metode pembelajaran lintas study inilah yang menuntut peran penting dari Perguruan Tinggi untuk mempersiapkan dosen yang mampu melakukan bimbingan kolaborasi kemampuan antara teori lintas prodi dan praktek lapangan di luar kampus. Karena setiap kegiatan yang dipilih mahasiswa harus tetap mendapatkan bimbingan dari dosesn yang ditentukan kampusnya. Programnya pun harus inovatif, karena daftar kegiatan yang diwarkan dan dapat diambil mahasiswa harus menyesuikan dengan program yang ditentukan pemerintah dan/atau program yang juga disetujui Pimpinan Perguruan tingi.

Banyak yang diharapkan dari inovasi belajar tersebut, sehingga pembelajaran di Perguruan Tinggi tidak memberikan belenggu agar kualitas sumber daya manusia Indonesia bisa lebih berdaya saing, baik secara intelektual maupun inovasi prodi pembelajaran. Semoga lebih bisa menyentuh aspek kualitas Sumber Daya Manusia yang berdaya saing dan inovatif.     

Apridhon Rusadi (Peneliti Sindikasi Indonesia Maju)

Name

Grafis,2,Headline,507,jejak,6,Kolom,80,Terkini,484,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: KAMPUS MERDEKA, SEMESTINYA MOTIVASI INOVASI PERGURUAN TINGGI
KAMPUS MERDEKA, SEMESTINYA MOTIVASI INOVASI PERGURUAN TINGGI
https://1.bp.blogspot.com/-TftRO4jMEH8/XlpTKgEeSBI/AAAAAAAABlo/tZ8TVf6CK2AXKqnYPtklzKFOOFIT6eL0QCLcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2020-02-29%2Bat%2B18.55.36.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-TftRO4jMEH8/XlpTKgEeSBI/AAAAAAAABlo/tZ8TVf6CK2AXKqnYPtklzKFOOFIT6eL0QCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-02-29%2Bat%2B18.55.36.jpeg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/02/kampus-merdeka-semestinya-motivasi-inovasi-perguruan-tinggi.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/02/kampus-merdeka-semestinya-motivasi-inovasi-perguruan-tinggi.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy