"LIMA POKOK PIKIRAN KOTA SUNGAI PENUH BERKEMAJUAN"

Oleh: Indra Mustika Pemuda Muhammadiyah Kota Sungai Penuh dalam Musyda 1 di hotel kerinci (16-17/02/2020) telah melahirkan beberapa p...

Oleh: Indra Mustika
Pemuda Muhammadiyah Kota Sungai Penuh dalam Musyda 1 di hotel kerinci (16-17/02/2020) telah melahirkan beberapa pokok pikiran dalam memajukan Kota Sungai Penuh, menggali dan mengkaji secara seksama dengan waktu yang cukup lama dalam perdebatan silang pendapat di forum musyda. 

Kota Sungai Penuh akan bertarung dengan kompetitor yang sangat beragam dan berlimpahan pikiran, dimana bukan lagi berhadapan dan berlomba dengan masyarakat agraris, domistik, atau geografis kedaerahan, namun Kota Sungai Penuh akan bersaing dengan masyarakat global, dimana persaingan sangat ketat, budaya dalam kekacauan, entitas serba boleh, dan serba tidak jelas, kebudayaan mengglobal dengan menembus dinding antar negara bahkan  garis khatulistiwa. Ini menjadi keniscayaan arus pergerakan perubahan zaman semakin deras tak tertahan, maka jika tidak siap dan tak mampu berdaya saing maka Kota Sungai Penuh akan menjadi Kota "sampah" peradaban.

Lima (5) Pokok Pikiran yang di ikhtiarkan oleh Pemuda Muhammadiyah Kota Sungai Penuh Sebagai Berikut:
1. Masyarakat punya jiwa  Keagamaan yang Kokoh.
Masyarakat harus mentradisikan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, mengajarkan kepada generasi muda tentang aqidah, ibadah, akhlak dan muamalah duniawiyah, sehingga apapun bentuk zaman entitas keagaman tetap terpatri dalam jiwa masyakarat dan menjadi budaya artenatif dalam menghadang budaya yang tidak elok ditradisikan sebagai umat beragama. Kekokohan jiwa keberagamaan menjadi fakto utama maju nya Kota Sungai Penuh, karena kekeringan spiritual akan melahirkan kriminalitas dan pergeserakan prilaku ke amoral, maka bhatin masyarakat harus terus basah dari spiritualisme.

2. Masyarakat Kota Sungai Penuh harus berakhlak dan berprilaku yang baik.
Kesantunan dan keramahan dalam tradisi sosial kemasyarakatan akan melahirkan gerakan kolektif yang berdasar atas kegotongroyongan dan ketulusan dalam pergaulan masyarakat. Akhlak yang akan melahirkan Masyarakat yang jujur dan adil, masyarakat yang jujur akan melahirkan pemimpin yang jujur dari masyarakat yang jujur pula, dari pemimpin yang jujur dan bertanggungjawab akan melahirkan keputusan dan kebijakan yang penuh dengan kebijaksanaan dan berkemajuan, dari sikap kebijaksanaan dan tajam melihat visi berkemajuan akan melahirkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Sungai Penuh.

3. Masyarakat yang berIlmu.
Gerakan ilmu harus dicanangkan ditengah masyarakat Kota Sungai Penuh. Meramaikan pusat-pusat pustaka. Membangun minat dan daya baca generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Agar segala arus zaman tidak 'mengagetkan' dan membenam masyarakat dalam sejarah peradaban. Namun dengan kuatnya literasi bacaan maka Kota Sungai Penuh akan perlahan berubah menjadi prilaku masyarakat berkemajuan, dan melahirkan karya dengan berbagai sektor kekinian. 

4. Kecemerlang Membangun Dimensi Sosial.
Merawat kesolehan sosial dan mendamaikan pergaulan sosial dalam setiap tatanan kehidupan masyarakat menjadi penting, karena tanpa nilai sosial akan melahirkan prilaku egoistik dan individuistik. Tidak peka terhadap kondisi sosial masyarakat, tak ringan kaki dan tangan bergotongroyong dan membantu tetangga yang membutuhkan. Ini menjadi kacau dalam kehidupan sosial. Maka penting masyarakat Kota Sungai Penuh cerdas dalam membangun dimensi sosial ini.

5. Ukhwah Insaniyah
Persaudaraan sesama manusia harus terawat dalam kebaikan dan kumparan pergaulan masyarakat Kota Sungai Penuh. Merawat keberagaman yang ada. Bersaudara walau beda agama. Bersaudra walau beda suku dan bahasa. Bersaudara sesama manusia tanpa mempertanyakan apa dan darimana.
Kota Sungai Penuh akan menjadi kota yang dituju sebagai ruang kecil dari masyarakat global, maka tidak menuntuk kemungkinan zaman ultra modern akan mengalami perpindan manusia dari barat ke timur, berbagai manusia dan bentuk adal dari berbeda Negara aka berkunjung ke Kota Sungai Penuh.

Demikian Pokok Pikiran yang di lahirkan oleh Pemuda Muhammadiyah Kota Sungai Penuh.

Indra Mustika, S.Sy (Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Sungai Penuh)
Name

Grafis,2,Headline,518,jejak,6,Kolom,80,Terkini,495,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: "LIMA POKOK PIKIRAN KOTA SUNGAI PENUH BERKEMAJUAN"
"LIMA POKOK PIKIRAN KOTA SUNGAI PENUH BERKEMAJUAN"
https://1.bp.blogspot.com/-ng720dTxL6k/XldkHXudS6I/AAAAAAAABjU/bWd50xG7J98ALt94ab52Rmi8IroBAMkawCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200227_132925.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ng720dTxL6k/XldkHXudS6I/AAAAAAAABjU/bWd50xG7J98ALt94ab52Rmi8IroBAMkawCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200227_132925.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/02/lima-pokok-pikiran-kota-sungai-penuh-berkemajuan.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/02/lima-pokok-pikiran-kota-sungai-penuh-berkemajuan.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy