MENGADAIKAN “IDEALISME” DEMI POLITIK PRAKTIS

Oleh : Yuliza Dwinanda Mahasiswa sejatinya adalah agent of change dimana mereka di tuntut untuk menjadi seseorang yang mampu mem...

Oleh : Yuliza Dwinanda
Mahasiswa sejatinya adalah agent of change dimana mereka di tuntut untuk menjadi seseorang yang mampu membawa perubahan lebih baik lagi bagi bangsanya. Di besarkan dalam lingkungan akademisi yang memiliki intelektual dan kehebatan masing-masing pada bidangnya. Sehingga tak ayal yang namanya idealisme memang sudah melekat pada diri mahasiswa sejak dahulu. Ibarat jiwa dan raga yang tak dapat di pisahkan, maka seperti itu juga lah mahasiwa dan sebuah idealisme yang di milikinya. 

Sesuai dengan kutipan dari kalimat seorang Tan Malaka yaitu, idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda. Dan seharusnya kita sebagai para generasi muda berbanggalah memiliki sebuah idealisme dengan memanfaatkan serta melakukan hal-hal yang terbaik untuk kemajuan bangsa ini.

Jika di bahas lebih mendalam idealisme merupakan suatu bentuk gagasan ataupun ide yang memiliki visi, misi, dan tujuan, terhadap kebaikan untuk kemaslahatan masyarakat banyak, yang di perjuangkan dengan semangat membara tanpa embel-embel kepentingan suatu golongan tertentu. Lantas apa hubungannya sebuah idealisme dengan politik praktis? Dapat di jabarkan bahwa politik praktis yaitu suatu bentuk kegiatan setiap warga Negara dalam menyuarakan hak-hak politiknya pada saat berlangsungnya pemilihan umum (Pemilu).

Tentu saja generasi muda menjadi penyumbang suara terbanyak pada saat proses pemilu di Negara ini. hal tersebut pun kian di manfaatkan oleh oknum-oknum tertentu dalam mencapai keinginannya, dengan menyasar kaum mahasiswa di lingkungan kampus.

Dari fenomena yang telah penulis lihat dan ketahui, saat ini banyak sekali di temui mahasiswa-mahasiswa yang melakukan politik praktis secara terang-terangan. Dengan jumawa mereka membangga-bangga kan paslon dukungannya di hadapan mahasiswa lainnya. Dan yang lebih mirisnya lagi, mereka berani menjelek-jelekan lawan dari paslon dukungannya. Dengan menyampaikan berbagai macam isu-isu yang tidak baik dan belum tentu kebenarannya.

Padahal tanpa di sadari, mereka perlahan-lahan telah melucuti idealisme yang dimilikinya. Seharusnya seorang mahasiswa tak boleh berbuat seperti itu, dimana netralitas dan pemikiran seorang akademis? Bagaimana seharusnya mahasiswa bersikap  ketika di hadapkan dengan permainan politik praktis?. Pertanyaan yang sangat perlu di lontarkan kepada mereka yang telah di butakan oleh janji-janji manis.

Dalam pandangan penulis hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya pembelajaran dan ilmu secara lebih dalam terkait politik praktis pada lingkungan kampus. Sehingga mahasiswa dengan mudah terbawa arus politik, yang sebenarnya belum saatnya mereka terjun dalam hal-hal seperti itu. Karena politik praktis bukanlah tempatnya mahasiwa untuk berjibaku di dalamnya, mereka hanya di manfaatkan oleh golongan tertentu dalam memobilisasi massa agar mendapat suara yang banyak dengan bermacam iming-iming menggiurkan.

Apalagi sebentar lagi kita akan di hadapi dengan pesta demokrasi yang kian menyita perhatian publik, dan seharusnya mahasiswa sudah membentengi diri dari kegiatan politik praktis ini dengan lebih bijak. Agar nantinya mereka tidak terjebak dalam permainan tersebut dan juga tidak mudah untuk terdokrin. 

Tidak ingat kah mahasiswa pada kejadian Mei 1998, siapa yang memiliki kepedulian dan pengaruh besar terhadap nasib bangsanya? Tentu saja kekuatan mahasiswa lah yang menjadi roda penggeraknya. Lantas mengapa saat ini dengan beraninya mereka mencoreng marwah seorang mahasiswa?. Jika hal ini terus terjadi maka kepercayaan masyarakat terhadap mahasiswa pun bisa saja hilang. Karena hakikatnya mahasiswa lah yang menjadi penyambung lidah rakyat, dan harapan mereka untuk menyuarakan hak-hak mereka kepada pemangku kebijakan.

Dalam lingkungan kampus haruslah mendapat perhatian lebih oleh para civitas akademik, karena hal ini semakin mengkhawatirkan saja. Di perlukan pembekalan khusus bagi setiap mahasiswa terhadap kegiatan politik praktis yang mulai menyusup melalui organisasi-organisasi mahasiswa di kampus. Yang dimana mereka mengatasnamakan kekuatan dan perjuangan mahasiswa, tetapi malah memiliki maksud dan tujuan lain dalam kegiatan organisasi tersebut.

Dibutuhkan kepekaan yang mendalam bagi setiap mahasiswa ketika mereka di hadapkan dengan hal-hal yang berbau dengan politik praktis. Bisa memilah dan memilih setiap kegiatan yang ada di lingkungan kampus, dan mereka mampu memposisikan diri mereka sebagai seorang mahasiwa yang memiliki integritas. Silahkan saja berpolitik, karena kita memang kaum yang sadar akan demokrasi. Namun lakukan lah hal tersebut diluar lingkungan kampus dan jangan sedikit pun membawa identitas diri yang notabene sebagai seorang mahasiswa.

Nikmati lah masa muda mu sebagai seorang mahasiswa, dengan melakukan sesuatu hal yang bermanfaat bagi sekitar. Pergunakan lah kekuatan idealisme yang dimiliki dengan sebaik mungkin, karena hal tersebut hanya kita miliki sekali seumur hidup. Jangan sampai  menyesal dikemudian hari, karena tak dapat memberikan kontribusi untuk negeri ini. Tolak lah segala bentuk politik praktis yang mencoba menggoyahkan idealisme mu, sungguh itu sudah menunjukkan jati diri mu sebagai seorang mahasiswa yang hebat.

Dan harus selalu ingat, bahwa nasib bangsa tetaplah berada di genggaman tanganmu. Jadilah seorang mahasiswa yang idealis dan bukan apatis, utamakan lah kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Tetap lah menjadi kepercayaan rakyat disaat penguasa mulai bertindak sewenang-wenangnya.

Penulis : Yuliza Dwinanda, (mahasiswi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi).
Name

Grafis,2,Headline,507,jejak,6,Kolom,80,Terkini,484,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: MENGADAIKAN “IDEALISME” DEMI POLITIK PRAKTIS
MENGADAIKAN “IDEALISME” DEMI POLITIK PRAKTIS
https://1.bp.blogspot.com/-SMwePEKey5s/Xj01lKW-JZI/AAAAAAAABWY/osBKT5dlVXE8Ebb4-26Icyl1nW6HOcPdACLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200207_170130.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SMwePEKey5s/Xj01lKW-JZI/AAAAAAAABWY/osBKT5dlVXE8Ebb4-26Icyl1nW6HOcPdACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200207_170130.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/02/mengadaikan-idealisme-demi-politik-praktis.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/02/mengadaikan-idealisme-demi-politik-praktis.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy