Peran Generasi Milenial dalam menyikapi Virus Corona (Covid-19 di Indonesia)

Peran Generasi Milenial dalam menyikapi Virus Corona (Covid-19 di Indonesia) Oleh: Habibullah Generasi yang lahir di atas tahun 198...

Peran Generasi Milenial dalam menyikapi Virus Corona (Covid-19 di Indonesia)
Oleh: Habibullah
Generasi yang lahir di atas tahun 1980-an hingga 1997. Ialah sekelompok manusia yang dinamai generasi milenial, mereka di sebut milenial karena satu-satunya generasi yang pernah melewati milennium kedua sejak teori generasi ini di embuskan pertama kali Karl Mannheim pada 1923. Sebagai salah satu indikator dalam menentukan arah pembangunan negara dan bangsa peran generasi z pada era industry 4.0 ini sangat di perlukan karena mereka bertintak sebagai Agen of change atau agen perubahan, karena jika membicarakan tentang generasi  80-an ini , presiden pertama dan ketujuh republik Indonesiapun sudah bersenggolan bahu  dan  selalu melibatkan generasi milenial didalam era kepemimpinanya, tentu itu bukan tanpa alasan  didalam generasi ini terdapat sekelompok anak muda yang masih sedang semangat-semangatnya didalam bidang apapun karena  generasi ini dikenal dengan generasi yang tangguh tidak terfokus juga serba bisa, lebih individual, kritis, global, modern dan cenderung berfikir lebih terbuka lebih cepat terjun ke dunia kerja dan mempunyai jiwa entrepreneur juga tentu saja lebih mlek teknologi.

Dalam esai yang berjudul “The Problem of Generation” sosiolog Mannhein mengenalkan teorinya tentang generasi, menurutnya manusia-manusia dibunia ini akan saling mempengaruhi dan membentuk karakter yang sama karena melewati masa sosiosejarah yang sama. Orang-orang pasca PD ll pasti memiliki karakter yang berbeda meski saling mempengaruhi. Penulis juga mengambil salah satu rujukan hasil penelitian Deloitte bertajuk “The 2017 Deloitte Milenial Survey” 73 persen responden milenial asal Indonesia memilki oponi yang positif dan siap berdampingan dengan generasi z alias mereka yang kini bersia 18 tahun kebawah. Riset Deloitte dimulai pada tahun 2011 dimana generasi milenial adalah kelompok yang sedang baru-barunya menjalankan karier di tempat kerja. Riset ini menjadi kabar menggembirakan bagi pemerintah sebab tingkat optimisme generasi milenial Indonesia atas generasi Z jauh lebih tinggi ketimbang pandangan generasi milenial di negara-negara maju di eropa.

Apa kaitanya dengan corona virus di Indonesia?

Dilansir dari IDM TIMES, Presiden ketujuh republic Indonesia baru-baru ini sudah mengumukan 2 orang warga negara Indonesia yang terjangkit corona virus (covid-19) tentu dengan adanya pemberitaan tersebut dua pekan ini berita lokal maupun nasional dibanjiri dengan isu tersebut, karena pemberitahuan ini langsung di ucapkan presiden dua prode tersebut tentu sangat berpengaruh bagi warga negara republic Indonesia juga sekarang banyak kepala daerah yang membuat peraturan terkait isu yang corona virus ini pencintraan atau cari panggung mungkin masih rancu, berdasarkan berita digital tribun jambi.com pasien yang terjangkit virus corona tersebut ialah salah satu diantaranya berjenis kelamin wanita berusia 31 tahun. 

Sejauh ini kedua pasien dalam keadaan baik keduanya bisa makan dan berkomunikasi layaknya manusia normal bahkan bermain posel tentu didalam ruangan isolasi yang jauh dari jangakaun gedung-gedung lain dirumah sakit tersebut. Penulis menganalogikan sebuah mata air yang mengalir ketika kita membicarakan virus corona ini karena virus yang berasal dari yaun china telah menjadi asupan berita di berbagai dunia pada awal 2008 dimana virus ini telah menelan bagitu banyak korban lebih menakutkan lagi virus yang berjenis flu ini belum mempunyai vaksin/obat penangkal.  

proses penyebaran virus ini begitu cepat ke sesame orang yang berada di lingkungan yang sama. Menurut data yang diambil dari WHO orang yang terjangkit virus corona menembus 70.400 kasus dan korban yang meninggal semetara ini tercatat 1.700 orang. Dengan tingginya presedntase tersebut tidak heran jika begitu buming mengemparkan dunia termasuk Indonesia pada saat ini.

Terkait dengan meluasnya isu corona diatas, disinilah peran pemuda. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis,yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menajadi  agen perubahan yang beregrak dan berusaha untuk sedekat dan sepeka mungkin dengan isu dunia yang beragam. Sebagai generasi milenial kita diharapkan bisa membawa ide-ide segar, pemikiran-pemikiran kreatif dengan metode thingking out the box yang inovatif, sehingga dunia tidak melulu hanya dihadapkan padanhal-hal itu saja dan tidak pernah berkembang dengan kata lain generasi milenial diharapkan menjadi sosok pemimpin yang jauh lebih baik dari pemimpin dimasa lini,sebagai salah satu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini kearah yang lebih baik melaui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Kaum milenial selalu berkaitan dengan teknologi dan sorot utama pada saai ini, hampir 75 persen generasi milenial menggunakan media sosial seperti facebook, istagram, twiter dan lainnya, tentu jika tidak berhati-hati dalam mengunakan teknologi tersebut akan berdampak buruk bagi siapa saja yang melihat, dengan kecanggihan smartphone mereka sudah bisa menayalurkan karya-karyanya dan siapaun bisa membuat konten dan mengakses apa saja dengan mudah. Dengan ide yang kratif mereka bisa menajdi creator, youtuber dan tidak sedikit pula berniaga online. 

Generasi melenial yang tangguh ialah generasi yang peka akan isu yang terjadi pada domainya dan juga tidak cepat mepercayai begitu saja tentang berita atau isu yang bumingkan baik dimedia cetak maupun media digital sejatinya kaum milenial itu diwajibkan lebih kritis dan  elegan dalam menyikapi suatu peristiwa haruslah secara diskursif dan tidak mudah menyalahkan.

Habibullah (Mahasiswa Fakultas ilmu sosial dan ilmu Politik Universitas jambi/kepala Koordinator Kepenulisan Rispen)
Name

Grafis,2,Headline,494,jejak,6,Kolom,79,Terkini,471,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Peran Generasi Milenial dalam menyikapi Virus Corona (Covid-19 di Indonesia)
Peran Generasi Milenial dalam menyikapi Virus Corona (Covid-19 di Indonesia)
https://1.bp.blogspot.com/-WW3SRDsDIkA/XmSx_YqELvI/AAAAAAAABuc/48tyIPXv2pYnEfu8w0VkftGkEC8XA3OgQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200308_153339.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WW3SRDsDIkA/XmSx_YqELvI/AAAAAAAABuc/48tyIPXv2pYnEfu8w0VkftGkEC8XA3OgQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200308_153339.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/03/peran-generasi-milenial-dalam-menyikapi-virus.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/03/peran-generasi-milenial-dalam-menyikapi-virus.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy