Praktik Uang adalah Cikal Bakal Perilaku Korupsi

Praktik Uang adalah Cikal Bakal Perilaku Korupsi Oleh: Wahyu Hidayat Kurang lebih dari 7 bulan, Provinsi Jambi akan melaksanakan pi...

Praktik Uang adalah Cikal Bakal Perilaku Korupsi

Oleh: Wahyu Hidayat
Kurang lebih dari 7 bulan, Provinsi Jambi akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2020. Dalam pilkada kali ini akan melakukan pemilihan di beberapa kabupaten/kota serta pemilihan Gubernur Provinsi Jambi. Kabupaten/Kota yang melaksanakan pilkada serentak diantaranya, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Muaro Bungo dan Kota Sungai Penuh.

pilkada serentak harus diawali dengan baik, tanpa tercoreng perilaku yang kurang baik, sebab bila praktik politik uang masih berlangsung maka akhirnya bisa muncul perilaku korupsi.

Praktik uang dalam pilkada merupakan cikal bakal terjadinya korupsi, hal itu tidak bisa dinafikkan lagi. Mengingat budaya politik saat ini sudah tidak bisa di lakukan sebagaimana menurut khittahnya berdemokrasi.

Asas-asas demokrasi tidak lagi dikedepankan, Pilkada bahkan menjadi ajang bisnis harapan. Masing-masing Calon selalu menyajikan dan menjual harapan-harapannya kepada rakyat. Harapan itu dibumbui tambahan uang, begitulah dinamika perpolitikan saat ini.

Tentu, budaya seperti ini harus kita pangkas sejak dini, mengingat esensi dari demokrasi itu sendiri ialah keberpihakan kekuasaan pada rakyat. Keberpihakan tersebut bisa berupa, kesejahteraan dan keadilan.

Larangan untuk berpolitik uang atau money politik itu ada aturannya. Bahwa pasangan calon jika terbukti melakukan praktek Money politik maka sanksinya pidana dan diskualifikasi. Pada kenyataannya, belum pernah ada calon yang diskualifikasi selama pilkada di provinsi Jambi. Sebab kita mengetahui setiap pilkada praktik uang terus dilakukan.

Jika hal ini terus didiamkan, tentu menjadi akar dari lahirnya korupsi. Mari bersama-sama kita awasi dan tumbuhkan semangat demokrasi sehat. Mulai dari diri sendiri mengawasi dan menolak setiap ajakan Money politik.

Wahyu Hidayat ( Penulis Buku Dinamika Sosial dan Politik)
Name

Grafis,2,Headline,677,jejak,6,Kolom,98,Terkini,654,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Praktik Uang adalah Cikal Bakal Perilaku Korupsi
Praktik Uang adalah Cikal Bakal Perilaku Korupsi
https://1.bp.blogspot.com/-yRGfjJOklek/XlyMBO4fFKI/AAAAAAAABms/Lv2kvSMXp98tM1i9xgHC7CldgU10cI_swCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200302_112949.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yRGfjJOklek/XlyMBO4fFKI/AAAAAAAABms/Lv2kvSMXp98tM1i9xgHC7CldgU10cI_swCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200302_112949.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/03/praktik-uang-adalah-cikal-bakal-korupsi.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/03/praktik-uang-adalah-cikal-bakal-korupsi.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy