Watak Demagog Kepala Daerah

Watak Demagog Kepala Daerah Oleh: Wahyu Hidayat Otonomi daerah yang dianut  pemerintahan di Indonesia memberikan keleluasan dae...

Watak Demagog Kepala Daerah

Oleh: Wahyu Hidayat
Otonomi daerah yang dianut  pemerintahan di Indonesia memberikan keleluasan daerah-daerah di Indonesia untuk berekspresi dalam menjalankan roda pemerintahan daerahnya. Konsep otonomi daerah sudah diperkenalkan pertama kalinya dengan dikeluarkannya Undang-undang Nomor 22 tahun 1999, kemudian seiring berjalannya waktu maka konsep otonomi daerah telah beberapa kali di perbaharui hingga terakhir keluarnya undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua tentang pemerintah daerah. 

Pada masa orde baru, pemerintahan pada masa itu masih bersifat kental sentralistik dengan Undang-undang nomor 5 tahun 1974 yang belum menitik beratkan otonomi daerah. Undang-undang tersebut yang bernuansa sentralistik, memang harus dituduh sebagai penyebab berbagai kekurangan yang menyertai perjalanan pemerintahan di daerah. Alhasil, belum adanya pemimpin dan sosok kepemimpinan yang dibutuhkan berdasarkan apirasi masyarakat.

Melihat kondisi yang demikian, pada era pemerintahan Presiden Bj. Habibie konsep pemerintah daerah diperbaharui yakni dengan dikeluarkannya undang-undang nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintah daerah yang kemudian dalam perjalanannya dikeluarkan lagi Undang-undang Nomor 23 tahun 2004, kemudian undang-undang nomor 32 tahun 2014, dan terkahir Undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua tentang pemerintahan daerah.  undang-undang tersebut memberikan keleluasan pada daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri, hal yang menjadikan perbedaan dengan undang-undang sebelumnya ialah dimana asas desentralisasi diterapkan, desentralisasi merupakan pelimpahan kekuasaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Artinya, dalam hal ini  pemerintah daerah lebih bisa berekpresi dalam menjalankan roda pemerintahannya sesuai dengan keadaan-keadaan dan potensi setiap daerah. Dengan adanya hal semacam ini, tentunya memberikan dampak positif bagi masyarakat di daerah, misalkanlah dalam hal partisipasi masyarakat dalam hal politik, yakni memilih dan dipilih. Maksudnya ialah masyarakat di daerah diberi kesempatan untuk memilih kepala daerahnya masing-masing sesui dengan keinginan masyarakat itu sendiri, dan masyarakat di daerah juga memiliki kesempatan untuk menjadi kepala daerah.

Dengan melihat dinamika dan rintihan proses panjang perjalanan bangsa ini dalam sistem pemerintahannya, dimulai dari proses pergantian kekuasaan dalam kepemimpinan di setiap daerah, maka kita bisa melihat bagaimana kondisi real di lapangan.

Tahun 2004 merupakan sejarah penting bagi bangsa Indonesia, dimana masa itu dalam hal pemilihan kepala daerah dilakukan secara langsung dan masyarakat diberi hak dalam hal politik, yakni berhak untuk memilih dan dipilih. Karena sebelumnya kepala daerah hanya dipilih oleh anggota DPRD setempat melalui mekanisme musyawarah.

Berbagai macam problema yang terjadi dalam dinamika para kepala daerah, karena konsep demagog yang kita takutkan ketika pemilihan langsung dilaksanakan mulai terbukti dan muncul satu-persatu. Istilah demagog merupakan seorang pemimpin yang bersifat buruk dalam kepemimpinannya. Pemimpin demagog biasanya ditandai degan pandai beragitasi dan mengasut rakyat agar simpati kepadanya, namun sikap asli dari pemimpin demagog tersebut mementingkan kepentingan pribadi dan mencapai titik kepuasannya mencapai  kekuasaan.

Istilah diatas, kalau kita hubungkan dengan para kepala daerah di Indonesia, rata-rata sudah terjadi dan berkembang pesat, mengingat para kaum kapitalis sudah menguasai dalam hal politik. Hal ini ditandai dengan perbuatan-perbuatan para kepala daerah, misalkanlah korupsi dan lain sebagainya. Terhitung Beberapa tahun terakhir puluhan kepala daerah terjerat kasus korupsi (read:baca). Dijambi contohnya, gubernurnya yang di tangkap KPK karena korupsi. Inilah yang menjadi dasar pemikiran penulis sehingga penulis berani mengatakan bahwasanya para demagog mulai berkembang di setiap daerah.

Kondisi diatas membuktikan bahwa dinamika kepala daerah di Indonesia berjalan tidak baik karena dibumbui dengan munculnya kepala daerah yang demagog. Problem ini tentunya membuat negeri ini gaduh, lantas apa penyebab hal semacam ini sangat mudah berkembang di Indonesia ? menurut penulis, ada dua penyebab utama sehingga para demagog itu muncul, yakni sistem dan moral.
Sistem maksudnya disini ialah dimana sistem dalam hal jembatan penghubung seseorang atau perahu seseorang untuk menjadi kepala daerah, yakni sistem rekrutmen dan membentuk kader terbaik dalam sebuah partai. Dengan mengoptimalkan hal ini tentunya akan berdampak baik karena sistem yang baik. Kemudian dalam hal moral, maksudnya disini ialah etika dan perilaku individu. Untuk mencapai hal demikian tentunya pemerintah mempunyai tanggungjawab besar dalam hal memperbaiki kebobrokan moral bangsa. Terlepas dari individu itu sendiri.
Ketika keduanya diterpakan dan dipaparkan dengan masif, maka setiap orang di Indonesia akan terhindar dari istilah pemimpin demagog.

Wahyu Hidayat (Aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah)
Name

Grafis,2,Headline,494,jejak,6,Kolom,79,Terkini,471,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Watak Demagog Kepala Daerah
Watak Demagog Kepala Daerah
https://1.bp.blogspot.com/-_PXhIm0Af3M/XmDVy4bh7kI/AAAAAAAABrM/gRBzY_2WIL8l3D9LWJ1xCyAhArxh9SZRwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200305-WA0010.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_PXhIm0Af3M/XmDVy4bh7kI/AAAAAAAABrM/gRBzY_2WIL8l3D9LWJ1xCyAhArxh9SZRwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200305-WA0010.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/03/watak-demagog-kepala-daerah.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/03/watak-demagog-kepala-daerah.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy