KNPI Gelar Diskusi Daring Terbatas Jambi-Menyikapi perkembangan pandenmi wabah Covid-19, yang semakin mengkhawatirkan.

Jambi, gentala.id -  Forum Diskusi Jambi bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi, menggelar diskusi daring terbatas...

Jambi, gentala.id - Forum Diskusi Jambi bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi, menggelar diskusi daring terbatas, dengan mengangkat tema Penanganan Covid-19, yang berlangsung Senin siang hingga sore hari (20/4), melalui aplikasi ZOOM.

Acara yang dipandu langsung oleh Ketua DPD I KNPI Provinsi Jambi DR. (C) Muhammad Arqon, SH, MH ini mendapat respon positif, terutama dari narasumber yang hadir dalam diskusi daring terbatas ini, dan diikuti oleh Pengurus DPD Provinsi maupun DPD Kabupaten/Kota KNPI se-Provinsi Jambi serta para organisasi kepemudaan.

Salah satu datang dari Kabinda Jambi Brigjen Pol. Irawan David Syah. “Pertama menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh KNPI ini, dan mengapresiasi diskusi daring ini,” ujarnya mengawali pembicaraan.

Dalam kesempatan tersebut, Polisi Bintang Satu ini, menjelaskan bahwa perlu adanya gerakan bersama, dalam melawan virus corona ini. “Jadi perlu sebuah gerakan bersama dan gotong royong bersama, untuk memutus mata rantai Covid-19, dengan tetap mengikuti anjuran dari pemerintah, seperti tetap di rumah, selalu cuci tangan dan menggunakan masker,” jelasnya.

Pada diskusi daring terbatas juga hadir Juru Bicara Penanganan Covid-19 Johansyah, yang menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah bersama TNI/Polri dan relawan, terus melakukan upaya pencegahan dan upaya penindakan, dalam menangani Covid-19. “Kita terus bekerja, termasuk sudah sudah menyiapkan anggaran untuk menangani virus corona ini, dengan menganggarkan anggaran sebesar Rp. 200 Miliar, termasuk dalam dana jaringan pengaman sosial, yang akan didistribusikan ke masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, hadir juga narasumber Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Jambi Prof. Syamsurizal Tan, yang menyampaikan masalah dampak ekonomi. “Covid-19 ini sudah berdampak pada perekonomian, namun diperlukan kebijakan ekonomi yang bisa tepat sasaran, yang dapat mendorong agar pertumbuhan tetap baik, seperti kuncuran dana bantuan jamin pengaman sosial harus tepat sasaran, terutama bagi mereka yang bekerja di sektor informal. Dan ini perlu kerja sama semua pihak untuk menangani Covid-19 secara bersama-sama,” kata Guru Besar Ekonomi Pembangunan.

Sementara itu, menurut Pengamat Sosial yang juga Direktur Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan Bahren Nurdin mengatakan selain berdampak ekonomi, pandemi ini juga berdampak pada bidang sosial. “Dampak sosial ini memiliki turun sendiri, seperti terbatasnya interaksi sosial, terganggunya aktifitas keagamaan dan pendidikan termasuk masalah psikologi anak-anak serta dampak pada meningkatkan angka kriminal dan stres, akibat dari faktor ekonomi masyarakat yang lemah,” ujar Dosen UIN STS Jambi ini.

Bahkan ia juga menyarankan agar adanya tim yang bisa menangani dampak sosial ini. “Perlu adanya tim untuk melihat kondisi psikologi anak-anak kita, serta harus secara bersama-sama kita bisa melawan Covid-19 ini,” sarannya.
Sedangkan Ustad Hermanto Harun dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jambi mengajak seluruh masyarakat untuk untuk mengikuti fatwa MUI dan anjuran pemerintah dalam melawan Covid-19.

“Mari bersama-sama kita mengikuti fatwa MUI, sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona, dengan mematuhi fatwa dan anjuran ini serta perlu sosialisasi tentang pemahaman yang benar ke masyarakat, agar tidak ada pro dan kontra, menyikapi permasalahan keagamaan di tengah wabah corona,” ajaknya. (WH)
Name

Grafis,2,Headline,718,jejak,6,Kolom,103,Opini,2,Terkini,696,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: KNPI Gelar Diskusi Daring Terbatas Jambi-Menyikapi perkembangan pandenmi wabah Covid-19, yang semakin mengkhawatirkan.
KNPI Gelar Diskusi Daring Terbatas Jambi-Menyikapi perkembangan pandenmi wabah Covid-19, yang semakin mengkhawatirkan.
https://1.bp.blogspot.com/-m8oxhk1bj4k/Xp3aKzFZkgI/AAAAAAAACRo/yyTIOOsWaqISsbJZyMo7yrrx1VRmAHyNgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200421-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-m8oxhk1bj4k/Xp3aKzFZkgI/AAAAAAAACRo/yyTIOOsWaqISsbJZyMo7yrrx1VRmAHyNgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200421-WA0002.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/04/Knpi-gelar-diskusi-daring-penanganan-covid-19-jambi-gentala.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/04/Knpi-gelar-diskusi-daring-penanganan-covid-19-jambi-gentala.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy