Diskriminasi Dalam Masyarakat

Diskriminasi Dalam Masyarakat Oleh: Aufa Septian Kita tentu sudah sering mendengar kata diskriminasi, kata ini sudah sangat famil...

Diskriminasi Dalam Masyarakat

Oleh: Aufa Septian
Kita tentu sudah sering mendengar kata diskriminasi, kata ini sudah sangat familiar di Indonesia, peristiwa diskriminasi sendiri masih sering terjadi di Indonesia. Salah satunya peristiwa besar seperti konflik di Maluku karena agama, Sampit karena perbedaan suku, hingga yang baru-baru ini terjadi terhadap mahasiswa asal Papua yang sedang menimba ilmu di Surabaya menunjukan bahwa diskriminasi masih sangat parah terjadinya di indonesia.

Diskriminasi pada operasionalnya adalah sikap dimana kita melakukan pelayanan yang berbeda terhadap seseorang atau suatu kelompok karena berdasarkan agama, umur, gender, pandangan politik, dan lain-lain (Aufa:2018).

Diskriminasi sendiri memiliki banyak ragamnya, minsalnya jika kita membedakan orang berdasarkan Rasial atau Ras seperti warna kulit, tampang jasmani ataupun yang terlihat dari penampakan fisik seorang dari luar itulah yang sering disebut dengan  Rasisme, atau diskriminasi berdasarkan Ras. Selain berdasakan Ras, atau contoh lain dari diskriminasi minsalnya Ageisme dan Sexisme, Ageisme adalah bentuk diskriminasi berdasarkan umur, sedangkan Sexisme adalah bentuk diskriminasi berdasarkan Gender, dan masih banyak bentuk-bentuk diskriminasi diluar sana. Dampak yang dapat ditimbulkan dari Diskriminasi ini juga tidak main-main, jika kita melihat data setidaknya semenjak pasca-reformasi saja, 5 besar diskriminasi terburuk di indonesia sudah memakan kurang –lebih 10.000 nyawa. 

Hal tersebut menunjukan bahwa diskriminasi bukanlah hal yang main-main, karena diluar sana banyak kerugian yang terjadi, dari mulai tidak tegaknya keadilan sampai korban jiwa.
Menurut penulis, salah satu penyebab terjadinya diskriminasi adalah prasangka. Sebuah sifat dimana kita menilai orang langsung hanya dari melihat luarnya saja, dan kemudian prasangka ini digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk bersikap atau menentukan sesuatu. 

Minsalnya kita berprasangka bahwa perempuan itu pasti lemah, bahwa orang yang menggunakan sorban adalah seorang teroris, atau orang yang brewokan adalah seorang yang jahat dan bertato tandanya seorang tersebut nakal.
Sifat-sifat ini lah yang nantinya akan dibantu dengan melihat fakta sejarah dan peristiwa yang terjadi di lapangan.

Tapi apakah kita sadar bahwa prasangka kita ini tidak lahir dengan sendirinya, ada peran media yang malah turut membuat diskriminasi semakin menjamur di masyarakat. Hal ini dapat dilihat bagaimana media meliput suatu kejahatan atau peristiwa menyimpang yang terjadi di masyarakat lalu mengubungkannya dengan hal yang berbau dengannya walaupun itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan kejahatan yang dilakukannya.
Minsalnya saat seorang preman dari Daerah Timur Indonesia ditangkap oleh Polisi, media akan menyorot asal kesukuan yang dibawanya, bukanya melihat ini sebagai sebuah masalah sosiologi yang bisa saja terjadi kepada siapa saja, atau kepada suku apa saja. Namun hal ini memperkuat prasangka dimasyakarakat kalau orang-orang di daerah timur adalah mereka yang memiliki kecenderungan menjadi preman, atas dasar inilah mulainya terjadi Rasisme atau diskriminasi berdasarkan Ras. Akibatnya orang-orang yang berperawakan ketimuran indonesia bisa saja tidak diterima disuatu lingkungan masyarakat, sulit mendapat pekerjaan atau bahkan dimusuhi. Hal ini menunjukan betapa mengerikannya dampak dari peran media dalam membangun prasangka yang menghasilkan diskriminasi tadi. Contoh prasangka lain yang sangat sering terjadi di indonesia minsalnya, orang batak pemarah, orang palembang suka menipu, orang timur preman, orang cina suka berbuat curang dan lain-lain. Hal ini nantinya akan menjadi bibit-bibit diskriminasi yang akan tumbuh subur dimasyakarat saat setiap harinya di goreng oleh media.

Prasangka yang baik seperti orang timur jago bermain sepak bola, orang jawa pekerja keras juga merupakan hal yang nantinya dapat berdampak besar di masa depan. Dan ini lah yang disebut Generalisasi. 

Generalisasi adalah suatu keadaan dimana seorang menarik kesimpulan menyeluruh berdasarkan satu atau dua kasus. Minsalnya saat melihat satu atau dua orang batak berbicara keras, maka mereka menyimpulkan orang batak pemarah dan contoh generalisasi lainnya.

Sekarang hal yang pertama yang bisa kita lakukan untuk mengurangi masalah diskriminasi ini adalah Bersifat Terbuka, bersifat terbuka maksudnya adalah kita mau untuk duduk atau berbicara dan bertukar bepikiran dengan orang yang berbeda dari kita. Bersifat Terbuka atau yang lebih dikenal dengan istilah “Open-Minded” adalah sikap dimana kita tidak langsung menilai orang lain dari sekali lihat.  Dimana kita tidak menilai seseorang sepotong-potong, kita tidak hanya melihat apa sukunya, apa gendernya, atau apa agamanya. Melainkan kita melihatnya utuh sebagai seorang sosok manusia yang harus dihargai walaupun dengan semua perbedaan yang melekat di dirinya. 

Dengan seperti ini kita akan mulai menghilangkan prasangka yang selama ini telah terbangun kuat dalam masyarkat. Dan saat telah terjadi interaksi yang saling terbuka untuk mencapai suatu yang disebut kedamaian lebih dimungkinkan untuk dicapai.

Aufa Septian (Siswa SMA Negeri Titian Teras Jambi)
Name

Grafis,2,Headline,645,jejak,6,Kolom,92,Terkini,622,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Diskriminasi Dalam Masyarakat
Diskriminasi Dalam Masyarakat
https://1.bp.blogspot.com/-dBQMdG9KJfk/Xrp_3uzrfnI/AAAAAAAACe4/qhRxAzD0taocEk6A0V5KZk2OrPHIRhBSwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200512-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dBQMdG9KJfk/Xrp_3uzrfnI/AAAAAAAACe4/qhRxAzD0taocEk6A0V5KZk2OrPHIRhBSwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200512-WA0002.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/05/diskriminasi-dalam-masyarakat.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/05/diskriminasi-dalam-masyarakat.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy