Pandemi Covid-19 Pemerintah Perlu Adil Atau Sama Rata Terhadap Masyarakatnya?

Pandemi Covid-19 Pemerintah Perlu Adil Atau Sama Rata Terhadap Masyarakatnya? Oleh : Maulana Iksan Setiap hari kasus positif Covid-19 ...

Pandemi Covid-19 Pemerintah Perlu Adil Atau Sama Rata Terhadap Masyarakatnya?

Oleh : Maulana Iksan
Setiap hari kasus positif Covid-19 selalu meningkat beberapa masyarakatpun khawatir akan hal tersebut akan tetapi ada beberpa masyarakat yang biasa saja menanggapinya, hal ini dapat kita lihat dari adanya masyarakat yang tidak mengikuti anjuran pemerintah seperti tidak menggunakan masker saat berada diluar, tidak menjaga jarak antar sesama masyarakat ataupun yang lainya. Pandemi ini kita belum tau kapan berakhir akan tetapi kita perlu waspada dengan hal tersebut.

Ditengah pandemi covid-19 masyarakat mengiginkan adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Mengingat banyaknya masyrakat yang kehilangan penghasilan karena dampak dari covid-19. Pemutusan hubungan kerja (PHK)-pun banyak dilakukan oleh perusahaan karena mereka harus mengurangi tenaga kerjanya untuk keberlangsungan perusahaan tersebut. Sehingga membuat masyarakat kebingungan “aku harus mencari makan untuk keluarga ku kemana?”

Sebagai masyrakat ikut anjuran pemerintah merupakan solusi yang terbaik pada saat ini. Kita ingin masalah ini cepat berlalu agar dapat beraktifitas seperti sedia kala. Menggunakan masker saat keluar rumah, biasakan mencuci tangan hingga tidak boleh mudikpun harus kita ikuti untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Adanya anjuran pemerintah tentu pemerintah juga memikirkan masyarakatnya. Pemerintah mulai membauat kebijakan-kebijakan yang dapat menguntungkan masyarakat, mulai dari pemberian masker, pembebasan dan pengurangan biaya listrik, hingga memberi bantuan berupa sembako ataupun uang tunai untuk masyrakat yang benar-benar membutuhkan pun dilakukan oleh pemerintah.

Ditengah masyarakat banyak sekali yang ingin mendapatkan bantuan. Akan tetapi pemerintah perlu mempertimbangkan karena tidak semua berhak mendapatkan bantuan. Pemerintah perlu memperioritaskan masyrakat miskin yang membutuhkan ataupun masyrakat yang kehilangan penghasilan karena covid-19 ini.

Saat ini hadir definisi adil dan sama rata, pemerintah harus adil atau sama rata?. Adil menurut kamus besar bahasa indonesia adalah sama berat; tidak berat sebelah; tidak memihak. Menurut W.J.S Perwanto keadilan adalah suatu kondisi tidak berat sebelah ataupun seimbang, yang sepatutnya tidak diputuskan dengan cara sewenang-wenang. Sedangkan sama rata adalah semuanya mendapat jatah yang sama (tidak memiliki perbedaaan). Disini sudah sangat jelas perbedaan sama rata dan adil. Biar mudah dimengerti maka kita aplikasikan pada contoh, jika pemerintah akan berlaku adil maka pemerintah harus memberi bantuan terhadap orang yang memang benar-benar membutuhkan ataupun biasa kita sebut fakir miskin ataupun yang lainya.  Sedangkan sama rata pemerintah memberikan bantuan kepada semua orang dan mendapatkan jatah yang sama baik yang membutuhkan atau tidak membutuhkan kaya atau miskin semua harus mendapatkan.

Dampak Covid-19 semua orang terkena dampaknya baik yang kaya atau yang miskin sekalipun, akan tetapi ada orang yang masih memiliki persediaan seperti sembako ataupun yang lainnya dirumah sehingga tidak membutuhkan bantuan, sehingga berdasarkan uraian diatas maka pemerintah perlu berlaku adil karena akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang benar-benar membutuhkan dibanding harus membagikan ke semua orang tanpa perduli dia membutuhkan atau tidak.

Maulana Iksan (Mahasiswa Universitas Jambi)
Name

Grafis,2,Headline,638,jejak,6,Kolom,91,Terkini,615,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Pandemi Covid-19 Pemerintah Perlu Adil Atau Sama Rata Terhadap Masyarakatnya?
Pandemi Covid-19 Pemerintah Perlu Adil Atau Sama Rata Terhadap Masyarakatnya?
https://1.bp.blogspot.com/-T3YLaN4EfMw/XrqE00fULJI/AAAAAAAACfE/8EWIgJPdv9M-twe5p-vqpx2z6avsi3bTgCLcBGAsYHQ/s320/_DSC3622.JPG.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-T3YLaN4EfMw/XrqE00fULJI/AAAAAAAACfE/8EWIgJPdv9M-twe5p-vqpx2z6avsi3bTgCLcBGAsYHQ/s72-c/_DSC3622.JPG.jpg
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/05/pandemi-covid-19-pemerintah-perlu-adil.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/05/pandemi-covid-19-pemerintah-perlu-adil.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy