NEGERI TAK BERTUAN:MEMENANGKAN PILKADA COVID-19 DI JAMBI

oleh :  Dr, Dori Efendi (Pengamat Politik Jambi ) Berbagai analisis dan perdebatan muncul ditengah panasnya tensi politik pi...

oleh : Dr, Dori Efendi (Pengamat Politik Jambi )

Berbagai analisis dan perdebatan muncul ditengah panasnya tensi politik pilkada 2020. Apa tah lagi para Tim Sukses yang saling meyakini kandidat mereka adalah pemenang kontestasi. Padahal untuk memenangkan pertarungan harus ada strategi matang dalam merebut suara pemilih. 

Menurut saya untuk menengahi perdebatan ini ada baiknya menggunakan Mazhab Columbia dan Mazhab Michigan dalam konsep perilaku pemilih. Apakah yang dimaksud dengan perilaku pemilih?

Jack Plano (1985) mendefenisikan perilaku pemilih adalah salah satu bentuk perilaku politik yang terbuka. Sedangkan Huntington dan Nelson (1990) perilaku pemilih merupakan  aktivitas pemilu "electoral activity" termasuk pemberian suara. 

Menariknya dalam Pilkada Covid-19 di Jambi, perilaku pemilih lebih pada Mazhab Columbia atau Sosiologis yang perilakunya lebih pada pendekatan etnik, agama dan sosio-ekonomi. 

Dari pendekatan ini, maka yang harus diperhatikan oleh kandidat dalam Pilkada Covid-19 di Jambi, pertama merebut kekuatan ideologis. Tentu yang memiliki kekuatan ini adalah partai politik yang memiliki masa yang loyalis. Selain itu, ada organisasi kemasyarakat dan organisasi massa yang memiliki jutaan loyalis contohnya Muhammadiyah, Pemuda Pancasila dan Nadhlatul Ulama. 

Kedua, merebut kekuatan primordial (etniksitas yang dominan dalam wilayah pemilihan). Tentu sistem otonomi daerah membuka ruang bagi politik primordia naik kepermukaan karena mengutamakan putra daerah. Akan tetapi bisa juga mengandeng etnik yang dominan dalam salah satu daerah. 

Ketiga, membentuk Tim Pemenangan yang tidak money oriented. Kelemahan kandidat selama ini adalah gagal membentuk tim yang loyalis karena tim pemenangan selalunya mengutamakan materi. Maka dari itu bentuklah tim yang mencari ligitimasi "keabsahan" diri dalam politik.

Adakah calon kandidat yang sudah memiliki kekuatan ini?
Name

Grafis,2,Headline,715,jejak,6,Kolom,103,Opini,2,Terkini,693,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: NEGERI TAK BERTUAN:MEMENANGKAN PILKADA COVID-19 DI JAMBI
NEGERI TAK BERTUAN:MEMENANGKAN PILKADA COVID-19 DI JAMBI
https://lh3.googleusercontent.com/-5qMY8HHpsnQ/XyEXVm8Rd2I/AAAAAAAACzM/V48AI7G2isoKMLYyWzjXcsVwNjHRrVRjwCLcBGAsYHQ/s1600/1596004178620265-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-5qMY8HHpsnQ/XyEXVm8Rd2I/AAAAAAAACzM/V48AI7G2isoKMLYyWzjXcsVwNjHRrVRjwCLcBGAsYHQ/s72-c/1596004178620265-0.png
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/07/negeri-tak-bertuanmemenangkan-pilkada.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/07/negeri-tak-bertuanmemenangkan-pilkada.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy