Program Organisasi Penggerak Perlu memaksimalkan Patnership Pendidikan

               Oleh :  Apridhon Rusadi Pelibatan peran serta masyarakat dalam program inovasi pendidikan memang perlu s...


               OlehApridhon Rusadi

Pelibatan peran serta masyarakat dalam program inovasi pendidikan memang perlu selalu dilihat dari kacamata kritis. Apalagi program yang dicanangkan oleh kementrian pendidikan saat ini yang diberi nama Program Organisasi Penggerak (POP) Pendidikan.

Memang selama ini terlihat bahwa pemerintah selalu bermain tunggal dalam memerankan dirinya memunculkan minat pembelajaran hingga memaksimalkan fungsi SDM dibidang pendidikan.  Sehingga dengan dilahirkannya kebijakan program organisasi penggerak pendidikan ini sangat diharapkan mampu menjadi trobosan baru dalam dunia pendidikan. Keterlibatan peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan sungguh penting untuk terus di dorong secara maksimal. Sehingga partisipasi dan pemberdayaan Masyarakat dalam ikutserta mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga tercapainya bangsa yang maju akan berjalan dengan maksimal.

Pemberdayaan masyarakat sendiri menurut arti secara bahasa adalah proses, cara, perbuatan membuat berdaya yaitu kemampuan untuk melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak yang berupa akal, ikhtiar dan upaya (depdiknas, 2003). Dalam beberapa kajian mengenai pembangunan komunitas, pemberdayaan masyarakat sering dimaknai sebagai upaya untuk memberikan kekuasaanan agar suara mereka didengan guna memberikan kontribusi kepada perencanaan dan keputusan komonitasnya (foy, 1994). Menurut Mubarok (2010) Pemberdayaan masyarakat dapat diartikan sebagai upaya untuk memulihkan atau meningkatkan kemampuan suatu komunitas untuk mampu berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak-hak dan tanggung jawab sebagai anggota masyarakat.

Hadirnya Program Organisasi Penggerak ini memang diharapkan bisa menggandeng organisasi yang telah lama bergerak dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan, sehingga pelaksanaanya bisa tepat sasaran. Diantaranya bisa kita ambil contoh Muhammadiyah, NU, dan PGRI yang selama ini memang kita harus sadari keberadaanya dalam peran-perannya pada bidang pendidikan.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril menjelaskan, pembiayaan POP dapat dilakukan secara mandiri atau berbarengan dengan anggaran yang diberikan pemerintah, sebagamana dirilis inilah.com (23/7/2020). sehingga dengan beberapa skema ini maksimalisasi peran organisasi mitra ini perlu terus diperkuat dan di tinggkatkan, termasuk peran serta lembaga yang mampu membiayai kegiatannya sebagai organisasi penggerak secara mandiri.

Masuknya, Tanoto Foundation sebagai organisasi Penggerak diharapkan bisa meringankan separuh dari beban anggaran APBN yang terkuras untuk mensubsidi program Organisasi penggerak. Tanoto Foundation sendiri mengajukan Program Pintar Penggerak untuk menunjang Keberlangsungan POP yang dicanangkan kemendikbud, apalagi mereka telah siapkan dana glontoran 50 Milyar untuk mensubsidi Program yang diajukan sebagai Patnership POP dengan masa 2 tahun.

Bergabungnya, Yayasan Putera Sampoerna bisa juga menjadi tanda bahwa semua harus  bergotong royong dalam mendukung tercapainya tujuan mencerdaskan bangsa karena dengan bersama-sama bahu membahu tujuan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia akan tecapai. Apalagi terdengar  mereka bersama mitra dalam dan luar negeri mendukung program POP (di luar APBN) menggunakan skema _matching fund_ dengan nilai hampir Rp 70 miliar untuk mendukung program peningkatan kualitas guru dan ekosistem pendidikan dan Rp 90 miliar untuk mendukung program peningkatan akses pendidikan.

Patut disyukuri memang, kesadaran akan peran masyarakat untuk bergotong royong semakin tinggi dalam bidang pendidikan, sehingga lembaga yang  dikenal juga konsen pada bidang pendidikan sekelas Tanoto Faundation  dan Yayasan Putera Sampoerna yang telah berkualitas dan berstandar Internasional tertarik bergabung untuk mendukung Program Penggerak pendidikan. Sehingga harapan kita semua bukan hanya terhenti pada kedua lembaga tersebut, akan tetap bisa di ikuti  keterlibatan lembaga lain yang yang sama-sama siap mandiri dalam menyokong keberlangsungan program yang diajukannya.

Tapi amat disayangkan memang, baru-baru ini Muhammadiyah, NU dan PGRI menyatakan mundur dari Program organisasi penggerak. Padahal organisasi-organisasi tersebut sangat penting posisinya dalam mendukung program organisasi Penggerak pendidikan. Dengan pengalaman Muhammadiyah, NU, dan PGRI dalam mengelola pendidikan sehingga bisa menjadi kekuatan tersendiri dalam mendorong perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Perlu memang melibatkan semua pihak agar kebersamaan dan gotong royong dalam mengelola pendidikan Indonesia bisa dilaksanakan dengan maksimal, karena Indonesia menganut semboyan yang selama ini menjadi semangat kebersama seluruh eleman bangsa Indoensia  "Bersatu Kita teguh bercerai kita runtuh" yang bisa diartikan kalau pendidikan kita mau baik dan bekualitas perlulah perhatian dan kepedulian banyak pihak.

Apridhon Rusadi
Peneliti Sindikasi Indonesia Maju
Name

Grafis,2,Headline,715,jejak,6,Kolom,103,Opini,2,Terkini,693,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Program Organisasi Penggerak Perlu memaksimalkan Patnership Pendidikan
Program Organisasi Penggerak Perlu memaksimalkan Patnership Pendidikan
https://lh3.googleusercontent.com/-IFz0u86BZwo/XyQlWpQIYsI/AAAAAAAACzw/_k5tAXyJiv4i8nM_9AV-8ENJSGBmFb8wwCLcBGAsYHQ/s1600/1596204374117463-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-IFz0u86BZwo/XyQlWpQIYsI/AAAAAAAACzw/_k5tAXyJiv4i8nM_9AV-8ENJSGBmFb8wwCLcBGAsYHQ/s72-c/1596204374117463-0.png
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/07/program-organisasi-penggerak-perlu.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/07/program-organisasi-penggerak-perlu.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy