Identitas dan Ideologi

                                     Oleh :                          Wahyu Hidayat, S.IP Indonesia terbentang dari saba...


                                     Oleh : 
                        Wahyu Hidayat, S.IP

Indonesia terbentang dari sabang sampai merauke, dengan ribuan pulau menghiasi negeri pertiwi yang didalamnya terdapat bermacam agama, suku, adat, ras, bahasa, adat serta budaya yang menjadi keistimewaan bagi bangsa Indonesia. Masyarakat majemuk, heterogen, dan multikultural itulah identitas bangsa Indonesia yang dikenal seluruh penjuru dunia.

Keberagaman ini tentunya menjadi kebanggaan yang dibungkus dengan keistimewaan bangsa Indonesia. Keberagaman ini membentuk Indonesia menjadi sebuah negara yang unik, karena keunikan ini tidak dimilki oleh negara-negara lain didunia.

Lahirnya Indonesia adalah integrasi dari berbagai variabel masyarakat, masyarakat yang plural menjadi kekuatan bagi negara. Identitas inilah yang pada akhirnya menjadi ideologi negara dalam menjalani kehidupan bernegara. 

Panacasila adalah sebutan ideologi bangsa, yang lahir karena keberagaman dan pluralnya masyarakat Indoenesia. Didalamnya terkandung nilai-nilai leluhur nenek moyang bangsa yang kemudian melalui dinamika dan konsensus dan pada akhirnya lahirlah Pancasila sebagai Ideologi bangsa.

ideologi sebagai alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat (karl max),  ideologi lahir atas konsensus bersama dan berdarasarkan nilai-nlai leluhur yang terkandung didalamnya dengan tujuan menjadi pedoman dalam kehidupan bernegara baik itu pemerintah dalam mencapai tujuan negara maupun masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Kesejahteraan adalah tujuan negara, implementasi dari kesjahteraan adalah bagaimana masyarakat sudah sejahtera bidang ekonomi, politik dan lain sebagainya.

Pancasila adalah idelogi resmi bangsa Indonesia yang dalam domain negara dijalankan secara masif dalam berbagai sektor kehidupan bernegara, baik itu dalam hal politik, hukum dan lain sebagainya. Kesaktian pancasila beberapa kali menunjukkan kesaktiannya yaitu berhasil menjadi pencegah kesenjangan antar masyarakat.

Masyarakat yang kultural selain menjadi keistimewaan bagi bangsa Indonesia dilain sisi menjadi sumber konflik, sering kali kita jumpai bagaimana konflik-konflik horizontal terjadi karena  berlatarbelakang perbedaan. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri pemerintah bagaiamana mewujudkan bangsa yang dikenal plural agar hidup rukun dan damai.

Pemikiran dan gagasan dasar adalah konsep dari ideologi, bagaimana pikiran dasar masyarakat umum harus menjadi landasan bagi pemerintah dalam menetapkan suatu keputusan apapun, artinya semua proses penetapan keputusan harus berlandaskan atas pemikiran dan gagarsan masyarakat.

Identitas bangsa adalah ciri khas suatu bangsa yang pada dasarnya dikenal oleh bangsa lain, begitupun Indonesia siapa yang tidak kenal dengan keberagaman Indonesia. Pujian kemudian datang dari berbagai bangsa-bangsa lain, salah satu tokoh timur pernah berkata, “Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama, budaya dan bahasa, tetapi masih satu negara, namun berbeda halnya dengan timur tengah dimana memliki bahasa yang sama, suku yang sama, serta agama yang sama tetapi terpecah-pecah menjadi beberapa negara” (kira-kira begitu bahasanya). Artinya apa, keberagaman ini menjadi pujian bangsa lain ketika berbicara Indonesia.
Identitas disini juga merupakan suatu jati diri bangsa kita  yang mana jati diri bangsa kita tidak dimiliki oleh bangsa lain manapun. Jati diri tersebut merupakan kumpulan dari berbagai kebiasaan-kebiasaan masyarakat bangsa Indonesia. 

Dengan kompleksnya itu, kita dapat memahami mengapa bangsa kita bisa bersatu padahal berbeda-beda. Ya, alasanya cuman satu yaitu IDEOLOGI. Ideologi pancasila merupakan ideologi satu-satunya yang berdasarkan nilai leluhur asli suatu bangsa, beda halnya dengan ideologi yang lain, berbagai  negara memilki ideologi yang sama tetapi kita punya ideologi sendiri yang di dasarkan atas identitas masyarakat bangsa Indonesia.
Ideologi pancasila itu merupakan pandangan hidup bangsa Indoenesia, pancasila itu sebagai pondasi atau dasar negara Indoenesia. Ibaratakan sebuah rumah yang harus dimulai dengan membuat pondasi, itulah pancasila. Karena itulah mengapa pentingnya ideologi dalam suatu bangsa, ideologi sebagai alat untuk meperkokoh bangsa, begitupun pancasila indonesia akan tegak berdiri dan berjalan sesuai dengan tujuannya jika berlandaskan pada ideologi bangsa yaitu pancasila.

Dengan demikian kita patut bangga karena mempunyai identitas yang tidak dimilki oleh bangsa lain, kemudian identitas bangsa Indonesia menjadi ideologi bangsa yang dijadikan pedoman dalam kehidupan bernegara. Mari sama-sama kita rawat dan kita pahami dari identitas bangsa kita, karena identitas inilah yang sudah menghantarkan bangsa kita samapai sejauh ini.

Keberagaman bisa menjadi positif dan bisa menjadi negatif, keberagaman akan positif karena akan memberikan kemajuan serta perkembangan bagi bangsa, dan damapak negatifnya bisa menjadi disharmonisasi dalam kehidupan bernegra. Maka dari itu mari kita maknai identitas bangsa kita yang beragam dengan hal positif. 

~Penulis Adalah Sekretaris KNPI Kabupaten Kerinci.
Name

Grafis,2,Headline,715,jejak,6,Kolom,103,Opini,2,Terkini,693,Tokoh,5,Video,26,Wirausaha,4,Wisata,6,
ltr
item
Gentala Jambi: Identitas dan Ideologi
Identitas dan Ideologi
https://lh3.googleusercontent.com/-uskySfkHkNc/XycDDWO_HgI/AAAAAAAACz8/gZZLVhGslyUFDA6wBjHzqA35MPohwmqhwCLcBGAsYHQ/s1600/1596392197313436-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-uskySfkHkNc/XycDDWO_HgI/AAAAAAAACz8/gZZLVhGslyUFDA6wBjHzqA35MPohwmqhwCLcBGAsYHQ/s72-c/1596392197313436-0.png
Gentala Jambi
https://www.gentala.id/2020/08/identitas-dan-ideologi.html
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/
https://www.gentala.id/2020/08/identitas-dan-ideologi.html
true
8731269479639335939
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy